Dinsos Mitra: Program Sembako Naik Menjadi Rp200 Ribu

0
452
Sandra Kindangen

Mitra, SULUTREVIEW – Program Sembako dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos), terhitung mulai bulan Maret 2020 ini, mengalami kenaikan nilai bantuan sosial (bansos) pangan sebesar Rp50.000 per KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Mitra Franky Wowor melaui kepala bidang pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin Sandra Kindangen, Rabu (4/3/2020).

Dijelaskannya, kebijakan ini ditempuh pemerintah pusat, karena diperkirakan dampak dari penyakit yang disebabkan virus corona itu cukup serius, yakni dikhawatirkan menimbulkan perlambatan perekonomian Indonesia.

“Mulai bulan Maret ini, dari pemerintah pusat, sudah menambahkan indeks Program Sembako sebesar Rp50.000 per KPM. Dengan demikian, dari semula indeks Program Sembako Rp150.000/KPM/bulan menjadi Rp200.000/KPM/bulan,” jelas Kindangen

Lebih lanjut dikatakannya, kenaikan nilai bansos per Maret 2020 ini sebagai bagian dari instrumen fiskal untuk ikut mengatasi dampak penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap perekonomian Indonesia

Adapun untuk tambahan nilai bansos untuk program sembako Rp50.000 ke rekening KPM ini dikatakan Kindangen, hanya akan berlangsung selama enam bulan ke depan, atau sampai pada bulan Agustus 2020.

“Jika dalam enam bulan prospek ekonomi sudah membaik maka nilai bantuan Program Sembako akan kembali ke angka Rp150.000 per bulan. Tapi jika dirasa kenaikan bantuan itu masih diperlukan untuk menjaga konsumsi maka kenaikan tersebut akan diperpanjang sesuai dengan keputusan pemerintah,” pungkas Sandra Kindangen. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here