Jagung Varietas Unggul, Pilihan Tepat bagi Kesejahteraan Petani Minahasa

0
98
Wabup Dondokambey saat melakukan panen

Kakas Barat, Sulutreview.com

Wakil Bupati Minahasa, Dr. Robby Dondokambey, S.Si, MM melakukan panen perdana jagung varietas unggul biji 2.2 di lahan perkebunan seluas dua hektar, milik Kelompok Tani (Poktan) Tumihimu, di Desa Tountimomor Kecamatan Kakas Barat, Kamis (27/02/2020).

Pada kesempatan tersebut Wabup Robby mengatakan saat berharap jagung varietas unggul ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Minahasa.

“Saya berharap panen jagung ini, di bulan-bulan berikutnya, agar ditingkatkan,” tambah Wabup.

Untuk panen jagung di lahan dua hektar dengan jenis jagung varietas biji 2.2, dapat dipastikan hasilnya mencapai lima hingga enam ton per hektar.

“Saya berharap dengan varietas ini, panen jagung akan melimpah,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Pertanian juga memberikan sertifikat kepada Poktan yang ada di Kecamatan Kakas Barat, dimana sebagai bukti Sah terhadap aktivitas mereka agar menjadi legal secara hukum. Di samping itu pula penggunaan teknologi dalam pengelolaan hasil pertanian kiranya dapat dimanfaatkan demi meningkatkan produktivitas hasil – hasil pertanian.

Di tahun 2020 ini kata Wabup RD, Pemerintah Kabupaten Minahasa telah mengalokasikan anggaran untuk menunjang potensi pertanian agar sejalan dengan visi pemerintah yakni Terwujudnya Minahasa yang Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera dan selanjutnya dijabarkan dalam Misi Mewujudkan Kemandirian Ekonomi dengan mendorong sektor Pertanian, Perikanan dan Pariwisata.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan piagam kepada delapan Poktan, masing-masing Poktan Tumihimu, Poktan Nikita Waya, Poktan Mawar, Poktan Melati, Poktan Anggrek, Poktan Maju Bersama, Poktan Pisok dan Poktan Matuari yang dilanjutkan dengan pemetikan jangung secara simbolis oleh Wakil Bupati Minahasa didampingi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara, Revly Ngantung, SP, Kepala Dinas Pertanian Minahasa, Yeittij Roring.SP dan camat Kakas Barat Jeane Sumendap, SP, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Rio Palilingan, Danramil Kakas, Pelda Dani Saraun, Wakapolsek Kakas, Ipda Johan Rantung, serta Pemimpin Cabang PT Bank BM Tondano, Johanis Tontou SE, Branch Manager Bank Sulutgo Cabang Tondano, Erwin Kuhon, SE. Wakil Bupati sebagai Presidium Bangun Minahasa Robby Dondokambey (BM-RD) mengukuhkan Pengurus BM-RD.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here