Joune Ganda Meriahkan Pesta Adat Tulude Bersama Masyarakat Likbar

0
275

Minahasa Utara, SULUTREVIEW

Agenda tahunan pesta adat Tulude yang digelar di desa Munte kecamatan Likupang Barat (Likbar), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), pada Sabtu (08/02) berlangsung sukses dan spektakuler.

Ketua umum Pelaksanaan Pesta Tulude Kabupaten Minahasa Utara 2020, Joune Ganda menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Ketua Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Talaud (BAMUSKISST) atas kepercayaan untuk mengkoordinir pesta adat Tulude.

“Terima kasih karena telah mempercayakan kepada saya selaku ketua umum pelaksanaan kegiatan Tulude,” ujarnya.

Menurut Joune Ganda, agenda adat tahunan yang digelar hampir di seluruh wilayah Provinsi Sulut ini, seakan menjadi satu perayaan adat bersama masyarakat bumi nyiur melambai tanpa terkecuali.

“Pesta adat Tulude ini salah satu pesta adat bernuansa budaya dan seni wilayah Sangihe yang bernilai tinggi,” kata Ketua Pengprov GABSI Sulut itu dengan menegaskan kesuksesan acara adat Tulude ini berkat kerjasama seluruh panitia pelaksana dan dukungan masyarakat  asal Nusa Utara yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Joune Ganda menambahkan, melihat animo dan partisipasi warga yang sangat tinggi, maka pesta adat Tulude telah sangat tepat dimasukkan dalam agenda paket wisata seni dan budaya di Sulut, khususnya di Kabupaten Minahasa Utara.

“Saya menilai pesta adat Tulude ini sangat penting untuk di jaga, dilestarikan dan dikembangkan lagi menjadi satu daya tarik Wisata yang datang ke daerah ini,” tandas calon tunggal Bupati Minut yang akan diusung oleh PDI Perjuangan ini, sembari menambahkan pesta adat Tulude merupakan kekayaan adat yang layak dan patut dibanggakan, bahkan dikembangkan pada masa yang akan datang.

Diketahui, pesta adat Tulude Kabupaten Minut 2020 ini berlangsung meriah yang diwarnai dengan ritual khas adat peninggalan pendahulu wilayah Sanghine dan rangkaian acara adat lainnya.

Adapun  Pesta ada yang dihadiri hampir seluruh masyarakat Minut yang berdarah Nusa Utara dan sekitarnya ini didukung penuh oleh owner Raewaya group yang juga selaku ketua umum pesta Tulude 2020 ini.

Turut dihadiri Ketua BAMUSKISST Edwin Silangen, Ketua DPRD Minut Denny Lolong, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey Kapolresta Minut bersama unsur Forkopimda Kabupaten Minut lainnya.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here