web analytics

Dorong Pertumbuhan UMKM, Pertamina Kucurkan Rp15 Milyar di Wilayah Sulawesi

Dorong Pertumbuhan UMKM, Pertamina Kucurkan Rp15 Milyar di Wilayah Sulawesi

Makassar, SULUTREVIEW

Terdorong meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII kembali menyalurkan bantuan modal.

Hal itu direalisasikan dalam program Kemitraan (PK) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 1,1 Milyar.

Kali ini, penyaluran modal bantuan Program Kemitraa dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Penyaluran yang dilakukan pada Rabu (04/12) ini diberikan kepada 12 mitra binaan UMKM yang sebagian besar berasal dari Sulawesi Tenggara, yaitu 5 orang dari Kabupaten Konawe, 1 orang dari Kolaka dan 1 orang dari Kolaka Timur. Sedangkan 5 orang lainnya berasal dari Sulawesi Selatan dengan rincian 2 orang dari Kota Makassar, 2 orang dari Kabupaten Toraja Utara dan 1 orang dari Kabupaten Gowa.

Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan, menjelaskan bahwa penyaluran bantuan modal Program Kemitraan kali ini memang sengaja menyasar UMKM-UMKM yang berasal dari Sulawesi Tenggara.

“Penyaluran bantuan modal Program Kemitraan di Sulawesi Tenggara masih tergolong minim. Oleh karena itu kami akan gencarkan sosialisasi terutama di daerah Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Dengan penyaluran bantuan modal Program Kemitraan bagi UMKM di Kota Kendari dan sekitarnya tersebut, menggenapkan total bantuan modal yang telah digelontorkan oleh Pertamina MOR VII di tahun 2019 menjadi lebih dari Rp 15 Milyar. Pencapaian ini meningkat sebesar Rp 4 Milyar dari penyaluran tahun 2018 lalu yang menyentuh angka Rp 11 Milyar. “Angkanya naik lebih dari 35%,” ujar Hatim.

Cakupan wilayah penyaluran bantuan modal Program Kemitraan tahun 2019 ini juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan penyaluran tahun 2018. Pada tahun 2018, penyaluran bantuan modal Program Kemitraan meliputi 15 Kota/Kabupaten di 4 provinsi dengan jumlah mitra binaan sebanyak 196 orang.

Dengan demikian di tahun 2019, penyaluran bantuan modal Program Kemitraan meningkatkan menjadi 25 Kota/Kabupaten di 5 provinsi dengan jumlah mitra binaan sebanyak 230 orang.

Hatim berharap akan semakin banyak mitra binaan UMKM yang bergabung dalam Program Kemitraan Pertamina dan semakin banyak mitra binaan yang merasakan manfaat dari bergabungnya mereka pada program ini.

“Kami berharap dapat menyalurkan lebih banyak lagi bantuan modal di tahun 2020. Bagi UMKM yang ingin bergabung, kami buka kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat mengikuti Program Kemitraan ini,” tambahnya.

Bantuan modal Program Kemitraan Pertamina sendiri mempunyai keuntungan yang sangat banyak, salah satunya adalah UMKM yang telah menjadi mitra binaan Pertamina berkesempatan untuk mengikuti pameran di tingkat Nasional dan Internasional.

Selain itu, mitra binaan Pertamina juga berkesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh Pertamina. Formulir dan informasi lengkap bisa dilihat langsung di website resmi Pertamina dengan alamat www.pertamina.com/id/pkbl.(srv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply