web analytics

Kabupaten Minahasa Tumbuhkan Semangat Kepahlawanan

Kabupaten Minahasa Tumbuhkan Semangat Kepahlawanan

Tondano, SULUTREVIEW

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 yang diperingati masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa disambut dengan menggelar upacara bendera di Minggu (10/11/2019).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Minahasa itu, dihadiri Dandim 1302 Minahasa Letkol inf. Slamet Raharjo, S.Sos, MSi selaku inspektur upacara.

Pada kesempatan ini, Dandim menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, bahwa peringatan Hari Pahlawan merupaka peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Yakni sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Peristiwa tersebut mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang dengan begitu saja tetapi memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri,” katanya.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan, sebut Dandim, hendaknya terus ditumbuh-kembangkan di dalam sanubari segenap insan warga Negara Indonesia.

“Dengan peringatan hari pahlawan ini diharapkan kita lebih menghargai jasa dan pengurbanan para pahlawan. Selain itu mari kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 Aku Pahlawan Masa Kini,” sebutnya.

“Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh segenap warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi aksi nyata dalam menjaga keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau yang merugikan orang lain dan sebagainya,” tambahnya.

Turut hadir dalam upacara, penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Kajari Minahasa
Rahmat Budiman Taufani, SH, MKn, Wakit Ketua Pengadilan Negeri Tondano Djainuddin Karanggusi, SH, MH, Mewakili Kapolres Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, para Veteran, ASN, THL, TNI, Polri dan siswa-siswi.

Usai upacara dilanjutkan dengan ziarah di Monumen Dr. G. S. S.J Ratulangi Tondano.

Pada ziarah itu, Kajari Minahasa Rahmat Budiman Taufani, SH, Mkn sebagai inspektur upacara.(engel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply