Mitra  

DLH Mitra Siapkan Sekretariat Pengaduan Masalah Lingkungan

Tommy Soleman

Mitra, SULUTREVIEW – Untuk lebih memudahkan masyarakat dalam upaya untuk melaporkan permasalahan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minahasa Tenggara saat ini tengah menyiapkan sekretariat pengaduan masalah lingkungan.

Dikatakan Kepala DLH Mitra dr Tommy Soleman, jika ada masyarakat, maupun organisasi lingkungan hidup yang ingin melaporkan permasalahan lingkungan, pihaknya akan siap menampung setiap aduan.

“Setiap aduan dari masyarakat berkait dengan permasalahan lingkungan hidup yang terjadi disekitar mereka, akan kita tampung. Namun bagi pelapor harus jelas siapa yang melapor, masalah apa yang dilaporkan, beserta dengan data dan bukti jika ada pencemaran lingkungan,” terang Soleman, Kamis (16/5/19).

Lebih lanjut kata Soleman, setiap laporan yang masuk akan diverifikasi oleh tim yang telah dibentuk pihaknya untuk melakukan kajian lingkungan.

“Setiap laporan kami akan periksa dulu, termasuk turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan. Tapi jika diperlukan akan dilakukan pengambilan sampel,” jelasnya.

Lanjut Soleman menambahkan, dari kajian yang dilakukan pihaknya akan memilih mana yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten, atau provinsi.

“Jika dari kajian kami itu menjadi kewenangan provinsi, maka kami akan memberikan rekomendasi untuk ke pihak provinsi sesuai kewenangan mereka, kami tinggal melakukan pendampingan,” tandasnya. (Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.