web analytics

Gunung Karangetang Status Siaga, Wisatawan Dilarang Mendaki

Gunung Karangetang Status Siaga, Wisatawan Dilarang Mendaki

Manado, SULUTREVIEW

Gunung api Karangetang yang berada di Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), dinyatakan status siaga.

Hal ini mengindikasikan bahwa aktivitas gunung api ini mengalami peningkatan.

Berdasarkan laporan amatan, periode 3 Januari 2019, gunung api Karangetang dengan ketinggian 1784 meter di atas permukaan laut (mdpl), direkomendasikan bahwa masyarakat di sekitar Gunung Karangetang tidak boleh.beraktivitas.

“Demikian juga dengan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas pada radius 2,5 km dari kawah,” kata petugas KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Karangetang, Yudia Prama Tatipang.

Bahkan untuk perluasan ke sektor Selatan, Tenggara, Barat dan Baratdaya sejauh 3 km., masyarakat diminta menyiapkan masker penutup hidung dan mulut jika terjadi hujan abu. “Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang selama musim hujan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman lahar hujan dan banjir bandang, terutama di sepanjang bantaran kali Batuawang hingga ke pantai,” jelasnya.

Tim sedang melakukan pantauan.

Diketahui, berdasarkan laporan Meteorologi, Gunung Karangetang, cuaca berawan dengan kondisi angin bertiup lemah ke arah tenggara dan selatan. Suhu udara 26-31 °C, kelembaban udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Secara visual, gunung kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Suasra gemuruh lemah sampai agak kuat sesekali terjadi bau bekeran tercium lemah.

Tremor terus menerus (Microtremor)* terekam dengan amplitudo 0.25 mm (dominan 0.25 mm). “Gempa guguran meningkat. Sehingga disimpulkan
tingkat aktivitas Gunung Karangetang Level III (Siaga).(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply