web analytics

Tilep Uang Pajak Kendaraan, Enam ASN Bapenda Terancam Dipecat

Tilep Uang Pajak Kendaraan, Enam ASN Bapenda Terancam Dipecat

Kepala Bapenda Sulut, Olvie Atteng SE MSi

Manado, SULUTREVIEW

Enam personel Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkup Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terancam dipecat.

Kebijakan tersebut ditempuh, karena ke enam personil yang merupakan pegawai Bapenda Sulut yang tersebar di tiga kabupaten/kota yakni Minahasa Selatan, Minahasa Utara dan kota Manado diduga menilep pembayaran pajak kendaraan wajib pajak.

Modusnya, pelaku memberikan jaminan pada masyarakat wajib pajak, bahwa pajak yang dibayar sudah aman. Hal ini tentu saja tak mencurigakan mengingat para ‘calo nakal’ ini adalah ASN yang bertugas di front office.

“Tidak menyangka setelah kami cek di komputer, saya menunggak tiga bulan dengan nilai Rp9 juta lebih. Pelaku sudah merugikan banyak orang,” ungkap salah satu korban yang adalah tokoh agama di daerah
ini, yang enggan disebutkan namanya.

Menariknya, aksi tak terpuji ASN ini, sudah dilaporkan oleh ratusan masyarakat yang mengeluhkan bahwa biaya pembayaran pajak kendaraan ternyata masuk ke kocek pribadi alias ditilep.

Menurut Kepala Bapenda Provinsi Sulut, Olvie Atteng SE MSi bahwa kasus dari pelaku penggelapan telah diproses Inspektorat Sulut. “Sudah ditangani Inspektorat, sesuai informasi yang ada pelaku dikenai sanksi tuntutan ganti rugi. Bahkan sampai pemecatan, sebagaimana aturan yang ditetapkan,,” ungkap Atteng.

Menyikapi kasus yang merugikan masyarakat ini, Atteng berharap masyarakat lebih waspada dan hati-hati.

“Saat ini ada begitu banyak kemudahan yang ditawarkan untuk membayar pajak. Karena dapat melalui jasa perbankan yang dilakukan secara online. Jadi tidak perlu harus manfaatkan calo,,” tandasnya.

Di sisi lain, Bapenda Sulut kini menerapkan strategi rolling cepat bagi petugas yang bersentuhan langsung dengan uang. “Dengan mekanisme seperti ini akan memutus mata rantai petugas dan wajib pajak,” kuncinya.(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply