Kantor Pengadilan Terpadu Sulut Bakal Dibangun di Paniki

0
603

Melonguane, SULUTREVIEW

Pembangunan kantor pengadilan terpadu di Sulawesi Utara (Sulut) segera direalisasikan. Rencananya bakal dibangun di wilayah Paniki Manado

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, SH., MH mengatakan pembangunan pengadilan terpadu di Manado sudah masuk dalam rencana kerja MA.

Pengadilan terpadu yang akan dibangun terdiri dari 6 pengadilan, yaitu pengadilan tinggi, pengadilan negeri, pengadilan tinggi agama, pengadilan agama dan pengadilan tatausaha negara (TUN).

Lanjutnya lahan untuk pembangunan di daerah paniki sudah siap dan MA juga sudah mengajukan permohonan anggaran untuk pembangunan 6 pengadilan terpadu di Manado.

“Tanah sudah ada seluas kurang lebih 10 hektar, sekarang Mahkamah Agung sudah mengajukan anggaran untuk 6 pengadilan kurang lebih 95 Miliar,” Jelas Ketua MA kepada para Jurnalis belum lama ini.

Ketua Mahkamah Agung menambahkan pembangunan pengadilan ini merupakan sejarah bagi badan peradilan, dimana terdapat 6 pengadilan sekaligus dalam waktu yang bersamaan dan dalam satu area.

Terkait sarana pendidikan, pelatihan dan peningkatan sumberdaya di lembaga Yudikatif,  Ketua MA mengatakan pihaknya berencana untuk membangun kantor pusat diklat untuk wilayah Indonesia Timur dan Indonesia Barat, hal tersebut dikarnakan keterbatasan daya tampung kantor pusat diklat yang ada di Jakarta.

Di tempat yang sama Gubernur Sulut Olly Dondokambey sangat berterima kasih kepada Mahkamah Agung atas pembangunan sejumlah kantor pengadilan di Provinsi Sulut.

Olly berharap dengan adanya kantor-kantor pengadilan yang baru, proses peradilan di tengah masyarakat bisa ditangani lebih cepat dari sebelumnya.

“Satu harapan dari kami, semoga seluruh proses hukum bagi masyarakat dapat terlayani dengan cepat,” harap Olly.(fanly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here