Mitratel Sambangi Talaud, Masyarakat Bakal Nikmati Layanan 4G

Melonguane, SULUTREVIEW – Pada tahun 2019 mendatang, akses internet di Kabupaten Kepulauan Talaud diharapkan akan jauh lebih baik dengan hadirnya jaringan 4G yang bisa dinikmati oleh masyarakat, menyusul rencana beroperasinya jaringan Palapa Ring pada awal tahun 2019.

Demikian disampaikan Plt Direktur Utama Mitratel, Rakhmad Tunggal Afifuddin pada saat melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Talaud Rabu (28/3/2018).

Kunjungan kerja tersebut dipimpin langsung oleh Komisaris Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Hendri Saparini, didampingi Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Pamiati Pamela Yohanna Waluyo, Plt Direktur Utama Mitratel, Rakhmad Tunggal Afifuddin beserta jajaran Mitratel.

Saat dikonfirmasi oleh Sulutreview.com, Rakhmat mengatakan pihaknya sering melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah perbatasan di wilayah Indonesia untuk melihat dan merasakan secara langsung bagaimana kondisi infrastruktur Telekomunikasi di daerah tersebut.

“Kami bersama Ibu Hendri Saparini memang sering melakukan kunjungan ke daerah-daerah perbatasan untuk melihat dan merasakan secara langsung bagaimana pelayanan dan pembangunan infrastruktur Telekomunikasi di daerah-daerah terpencil seperti di perbatasan dan kabupaten-kabupaten terluar,” jelasnya.

Untuk Kabupaten Talaud Plt Dirut Mitratel mengatakan bahwa pihaknya telah malakukan survey di salah satu BTS yang ada di dekat Kantor Bupati Kabupaten Talaud. Rakhmad mengatakan bahwa saat ini kondisi BTS yang digunakan oleh Telkomsel tersebut dalam kondisi yang baik.

“Site itu milik Mitratel yang digunakan oleh Telkomsel. Disana kondisi site nya bagus, layanannya juga cukup bagus, pendapatan yang didapat oleh Telkomsel di site itu juga tergolong yang bagus meskipun layanannya hanya 3G belum di 4G,” ujar Rakhmad.

Lebih lanjut Rakhmad mengatakan bahwa nantinya akan ada operator baru yang akan hadir di Kabupaten Talaud dan bergabung di site BTS milik Mitratel tersebut.

“Nanti ada juga yang di site menara kami tadi, akan digunakan oleh STI (Sampoerna Telekomunikasi Indonesia) Jadi, saya yakin dengan tambahnya STI nanti akan menambah operator yang akan bisa melayani masyarakat Talaud,” katanya.

Setelah melakukan survey di salah satu BTS, Tim Mitratel yang dipimpin oleh Hendri Saparini selaku Komisaris Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk melakukan pertemuan dengan perwakilan pemerintah Daerah yang diwakili Oleh Sekertaris Daerah Ir Adolf S Binilang dan Asisten satu Drs Alex Sahadula. Hadir juga perwakilan ketua DPR Kabupaten Talaud yang diwakili oleh Godfried Timpua.

Rakhmad menjelaskan walaupun pertemuan tersebut tidak bersifat formal, namun pihaknya (Mitratel) banyak mendapat informasi terkait perkembangan infrastruktur di Kabupaten Talaud.

Dari berbagai informasi yang didapatkan dari pihak pemerintah Plt. Dirut Mitratel mengatakan bahwa semua aspirasi tersebut akan ditampung dan akan formulasikan di Jakarta.

“Pada saatnya nanti kami akan akomodasi, karena pemerintah juga sangat mendukung itu dan Insya Allah tahun 2018 di bulan Juli nanti sudah ada Palaparing dan tahun depan sudah bisa beroperasi,” sebutnya.

“Dengan Palaparing itu akan bisa menggunakan Fiber Optic. Dengan Fiber Optic itu kapasitas dan kecepatannya sangat jauh berbeda. Nantinya masyarakat bisa menikmati yang megabyte per sekon mungkin nanti sudah puluhan megabyte persekon,” katanya.

“Dengan adanya hal tersebut saya yakin bisa membantu masyarakat menikmati teknologi terbaru 4G nantinya di tahun depan. Kelancaran akses tersebut juga pasti akan membantu pertumbuhan ekonomi dan perkembangan di dunia pendidikan, Karena dunia pendidikan sekarang kan sudah sangat melek dan sangat butuh terhadap teknologi,” tutup Rakhmad.(fanly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.