Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Talaud, Gubernur Resmikan Tiga Gedung SMA

0
487

Talaud, SULUTREVIEW – Masyarakat Kabupaten Talaud kini memiliki tiga gedung Sekolah Menengah Atas (SMA), yakni SMA Negeri 1 Moronge, SMA Negeri 2 Melongguane di Kiama dan SMA Negeri 1 Geme di Desa  Moronge.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE yang didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulut bersama jajaran, berkesempatan meresmikan ketiga sekah tersebut. Berikut memberikan bantuan berupa sarana lapangan Olahraga Volly dan Basket di SMAN 1 Moronge.

Menariknya, orang nomor satu di Sulut ini mengatakan agar fasilitas sekolah dapat meningkatkan kualitas dan kelangsungan belajar mengajar di Bumi Porodisa, sebagai garda terdepan Benteng Pancasila. Hal tersebut sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang, Pemerintahan Daerah, di mana sejak 1 Januari 2017, urusan pengelolaan Pendidikan Menengah dan Sederajat di Kabupaten/Kota, yang kewenangannya diserahkan ke Pemerintah Provinsi.

“Para  tenaga pendidik, guru honorer SMA/SMK akan dibiayai Pemerintah Provinsi. Jadi bukan lagi menjadi tanggungan Komite Sekolah,” katanya di sela-sela kunjungan kerja seperti dijelaskan Kabag Humas Pemprov Sulut Roy RL Saroinsong SH.

Pada kesempatan ini, gubernur juga memberikan amanah kepada segenap warga masyarakat, untuk bersama menjaga dan menciptakan keamanan di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selain meresmikan tiga gedung SMA, gubernur juga menyampaikan tentang usulan pembangunan jalan lingkar Pulau Salibabu yang bakal dianggarkan melalui APBD 2018. “Pembangunan jalan lingkar ini akan membuka akses transportasi dan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Gubernur juga memberikan bantuan 6 (enam) ton beras untuk 6 desa di Kecamatan Moronge.

Ikut dalam rombongan, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekprov Edwin H Silangen SE MS, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Dan Lamtamal VIII, Laksmana TNI Suselo, Dan Lanud SRI Kolonel Pnb Arifani Nur Dwijayanto, Asisten Pemerintahan Umum, Drs Jhon Palandung serta sejumlah Kepala SKPD Pemprov Sulut. “Sebelum kembali ke Bandara Melongguane, Gubernur turut menghadiri Sidang Sinode Lengkap (SSL) Geraja Masehi Injili Talaud (Germita) di Jemaat Imanuel Lirung dan menyerahkan sejumlah bantuan uang tunai,” tutup Saroinsong.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here