Mengukur Kepuasan Layanan, GM PLN Suluttenggo Jaring Aspirasi Pelanggan

0
908

Manado, SULUTREVIEW – General Manager (GM) PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Edison Sipahutar  didampingi GM PLN UIP Sulbagut yang diwakili Manager Operasi & Konstruksi Seger melakukan kunjungan ke sejumlah pelanggan.

Hal itu dilakukan guna menjaring aspirasi pelanggan yang bertepatan dengan momentum memperingati Hari Pelanggan Nasional yang bertemakan “Senyum Benderang Indonesia”.

General Manager (GM) PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Edison Sipahutar  didampingi Manager PLN Area Manado, Paultje Mangundap mengapresiasi pelanggan setia.
GM PLN Suluttenggo didmpingi Manager PLN Area Manado Paultje Mangundap saat memasangkan gift voucher pelanggan.

“Kunjungan ke pelanggan untuk membuat pelanggan lebih puas dan sekaligus mendengar harapan pelanggan. Saya berharap kita mampu memberikan layanan yang terbaik dengan ukuran kepuasan pelanggan,” katanya Senin (4/9/2017).

Kunjungan ke pelanggan yang meliputi industri, bisnis dan rumah tangga itu sekaligus untuk mendengarkan suara pelanggan, menampung harapan pelanggan terhadap layanan PLN serta mengapresiasi dan memperhatikan masukan dari pelanggan di seluruh Indonesia.

“Dengan mendengarkan pelanggan, maka kita akan tahu apa yang mereka butuhkan dan menjadi evaluasi bagi kita untuk terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi demi kepuasan pelanggan dan bukti nyata terangi negeri”, ujar Edison Sipahutar

GM PLN Suluttenggo bersama pemilik Manado Town Square.

Sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia, PLN saat ini memiliki jumlah pelanggan sebanyak 66 juta, dimana usahanya berorientasi pada pelayanan.

“Sudah kewajiban PLN untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan. Karena bagi kami kepuasan pelanggan adalah yang utama. Senyum bahagia pelanggan adalah sukses kami,” tambah Edison.

Jacob Tumundo selaku Goverment Relations dan Land Compensation serta Welbie Kauwo selaku Electrical service Manager Meares Soputan Mining bersama GM.PLN Suluttenggo.

Pada kesempatan ini, GM PLN Suluttenggo mengunjungi kantor pelanggan bisnis yakni Manado Town Square 3 serta pelanggan industri PT Meares Soputan Mining.

Dalam kunjungannya, Edison tidak hanya menyampaikan mengenai kondisi kelistrikan di Sulawesi Utara serta produk layanan PLN seperti PLN Mobile dan Contact Center PLN 123 saja melainkan juga mendengarkan masukan pelanggan bagi PLN.

Jajaran PLN solid mengutamakan layanan terbaik pada pelanggan.

“Kami sangat mengapresiasi PLN dalam memberikan layanan kelistrikan dan semoga kerja sama ini terus berjalan baik” ujar Pemilik Manado Town Square 3, Hengky Wijaya.

Senada disampaikan Jacob Tumundo selaku Goverment Relations dan Land Compensation serta Welbie Kauwo selaku Electrical service Manager dan Public Relations Herry Rumondor, “Kami puas dengan layanan PLN. Kalaupun ada gangguan itu masih wajar. Secara general kami terbantu dengan PLN karena cost lebih rendah dibanding gunakan generator sendiri,” ujar Welbie sambil menambahkan rencana oengembangan ke depan. “Kami akan lakukan penambahan daya 8 MW sehingga nantinya jadi 17,5 MW. Karena sekarang 9.5 MW,” tandasnya.

Hari Pelanggan Nasional dibarengo donor arah.

Selanjutnya, GM PLN Suluttenggo berserta jajaran manajemen PLN Suluttenggo dan UIP Sulbagut turut mengunjungi sepuluh pelanggan tidak mampu di Manado untuk mendengarkan pendapat dan harapan para pelanggan.

Seluruh jajaran PLN berkomitmen tingkatkan kepuasan pelanggan.

Di samping itu, PLN juga memberikan bantuan berupa token listrik dan bingkisan bagi mereka sebagai bentuk kepedulian. Para pelanggan pun menyampaikan kebahagiannya atas kunjungan ini, salah satunya adalah Sandra Nelwan, pelanggan 450 VA yang mengungkapkan rasa syukurnya, “Terima kasih PLN, kebetulan pulsa (listrik) kami sudah mau habis ternyata bisa memperoleh bantuan, semoga PLN semakin lebih baik dan padamnya semakin jarang” kata Sandra Nelwan.

Di tempat ini pula, GM sempat membantu mengisikan token listrik bagi para pelanggan, Astrid Pandowo yang mengaku surprise menerima gift dan voucher token dari PLN.

GM PLN motivasi jajarannya untuk tingkatkanl ayanan.

Di lokasi berbeda juga dilakukan berbagai layanan untuk memeriahkan hari pelanggan dengan menghias kantor Area dan Rayon dengan balon-balon serta berbagai kegiatan seperti di PLN Area Manado yang menyelenggarakan kegiatan donor darah serta pemberian apresiasi bagi sepuluh orang pelanggan yang tidak pernah menunggak serta bantuan bagi pelanggan sosial di Panti Asuhan Sayap Kasih Woloan. Layanan Pasang Baru Satu Hari Nyala juga turut dilakukan oleh PLN Area Mando demikian juga dengan PLN Area Palu yang mengenakan pakaian adat sembari melayani. PLN Rayon Tomohon memberikan layanan antar bagi pelanggan hingga ke lokasi tujuan. Sedangkan PLN Kotamobagu juga tak ketinggalan untuk mengunjungi pelanggan bisnis pun demikian dengan PLN Area Gorontalo. PLN Area Tahuna turut memberikan apresiasi bagi pelanggan yang tidak pernah menunggak.

PLN terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7×24 jam. Contact Center PLN 123 merupakan saluran resmi PLN yang dapat dihubungi masyarakat melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123@pln.co.id, Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.pln.co.id. Layanan contact center ini memiliki cakupan yang luas di seluruh Indonesia dengan mengoperasikan sembilan titik lokasi pelayanan untuk memastikan kemudahan akses dan keandalan pelayanan PLN kepada seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada. Adapun jenis pelayanan Contact Center PLN 123 adalah untuk keperluan permohonan Pasang Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara dan migrasi menjadi pelanggan Listrik Pintar; pengaduan dan keluhan pelanggan; serta informasi produk dan layanan PLN lainnya.,(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here