Ronald Sorongan Soroti Kurangnya Kontribusi Perusahaan Tambang di Mitra Pasca Banjir

Bupati Ronald Sorongan saat memantau kegiatan bakti sosial Pemkab Mitra membersihkan material sisa-sisa banjir (Dok: Pemkab Mitra)

Mitra, Sulutreview – Pasca terjadinya banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Penjabat Bupati Ronald Sorongan mengkritik perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah tersebut. Sorongan menyoroti kurangnya kontribusi bantuan yang diberikan oleh perusahaan tambang kepada warga terdampak.

“Banjir dan tanah longsor memang menjadi bencana alam yang mampu merusak lingkungan serta fasilitas publik dan infrastruktur. Namun, di sisi lain, perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah tersebut juga harus turut bertanggung jawab atas bencana tersebut,” ujar Sorongan dalam keterangannya.

Sorongan menambahkan, sebagai perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah tersebut, sepatutnya memberikan kontribusi bantuan bagi warga terdampak. Pembangunan infrastruktur dan kegiatan eksplorasi tambang perlu mendapatkan pengawasan ketat dan persepsi yang matang, agar tidak merusak lingkungan.

“Tanggung jawab sosial dari sebuah perusahaan harus menjadi prioritas utama. Selain memberikan bantuan pasca bencana, perusahaan juga harus memperhatikan dampak operasionalnya pada lingkungan dan masyarakat sekitar,” kata Sorongan. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.