Rahmat Dunggio: Sudah 2.500-an Warga Bitung Mengurus Kartu Kuning Untuk Bekerja di Halmahera Tengah

Bitung, Sulutreview.com– Sebanyak 2.500 warga Kota Bitung sejak tahun 2023 dan 2024 nampaknya telah berbondong-bondong untuk bekerja di luar Bitung yaitu di Kepulauan Halmahera Tengah yaitu di.Kecamatan Weda untuk bekerja di wilayah Pertambangan.

Hal ini diperkuat dengan bocoran yang didapat bahwa sudah ada 2.500 Pembuatan Kartu Kuning (Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja) yang terserap di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung sejak tahun 2023 ada sekira 2.000-an warga Bitung telah bekerja di wilayah Luar Sulut yaitu di Halmahera khususnya di Kabupaten Halmahera Tengah Kecamatan Weda yaitu Perusahan PT Industri Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Provinsi Maluku.

Kadis Tenaga Kerja Kota Bitung Rahmat Dunggio SE tak menampik dengan adanya kabar tersebut bahwa ada ribuan pekerja sejak tahun 2023 telah bekerja di wilayah Halmahera tersebut.

Anak kandung dari mantan Anggota DPRD Bitung dan Provinsi Sulut yaitu Alm Arifin Pusi Dunggio BA S.Sos kepada wartawan Selasa (07/05/2024) bahwa di tahun 2024 ini sudah ada 500 pembuatan kartu kuning dan juga tujuan mereka (warga red) yaitu ke Halmahera.

“Jadi keseluruhan sampai saat ini berkisar 2.500 warga yang membuat kartu kuning,” tandasnya.

Kendati begitu, Kadisnaker Bitung ini belum mengetahui pasti alasan warga ingin bekerja di luar Bitung dan Sulut ini, apakah karena gajinya yang tinggi atau ada faktor lain.

“Ada juga yang ingin membuat pengurusan kartu kuning, namun tidak sama membludak ke wilayah kerja di Halmahera,” pungkasnya.(zet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.