Tingkat Partisipasi Pemilih di Mitra Lampaui Target Nasional

Lucky Mamahit (Istimewa)

Mitra, Sulutreview – Pemilihan Umum (Pemilu) di Minahasa Tenggara (Mitra) sukses digelar dengan partisipasi masyarakat yang melampaui target nasional.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Mitra, Otnie Tamod, melalui pernyataan dari Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih serta Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Lucky Mamahit. Menurut Mamahit, tingkat partisipasi pemilih secara nasional ditargetkan mencapai 77,5 persen, tetapi pada 14 Februari, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih mencapai 78.798 dari total 89.286 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, angka partisipasi mencapai 89,21 persen, sedangkan untuk DPR dan DPD berada di 89,09 persen, dan DPRD Provinsi Dapil Sulut 5 mencapai 89,04 persen. Sementara itu, untuk DPRD Kabupaten, dari empat Daerah Pemilihan, angka partisipasi mencapai 89,01 persen,” ungkap Mamahit.

Lebih lanjut, Mamahit menjelaskan bahwa perbedaan angka partisipasi pemilih disebabkan oleh adanya Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), di mana pemilih dapat menerima hingga lima jenis surat suara atau hanya satu surat suara, tergantung pada daerah pemilihan yang tercantum dalam DPTb.

Selain itu, terdapat juga Daftar Pemilih Khusus (DPK) dengan jumlah 454 pemilih yang menggunakan hak pilih di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Angka 89 persen ini merupakan capaian yang cukup tinggi pada proses Pemilu 2024, dan jika dilihat dari target nasional, Kabupaten Mitra berhasil melampaui sekitar 12 persen dari target,” pungkas Mamahit, sambil mengapresiasi semua pihak yang terlibat, dari jajaran badan ad hoc hingga seluruh lapisan masyarakat. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.