Diskusi Forum Publik, Wagub Steven Kandouw Ungkap Strategi Tembus Pasar Internasional

Infografis

Manado, Sulutreview.com – Produk unggulan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), baik itu sektor pertanian dan perikanan dan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), telah merambah pasar internasional.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, dengan kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, sangat intens mendorong eksportir untuk terus mewujudkan komitmen meningkatan perekonomian rakyat.

Program menggenjot perekonomian yang mampu diwujudkan, termasuk menembus pasar komoditi internasional. Bukan instan, melainkan melalui berbagai terobosan. Hal itu dilakukan sebelum gempuran pandemi Covid-19 silam, Pemprov Sulut telah membuka jalur pariwisata direct flight Manado ke 8 kota di China. Ditambah penerbangan ke Korea.

Melalui program direct call Manado-Narita Jepang, Pemprov Sulut dan ekpsortir memanfaatkan flight sekaligus sebagai sarana pengiriman komoditi dari Sulut ke negeri Sakura Jepang dengan jadwal sepekan di tahun 2022.

Perkembangan terbaru, pada awal Februari 2024, Sulut melakukan pengiriman perdana komoditi Sulut ke China melalui jalur laut, dengan menggunakan kapal kargo SITC Container Line MV. SITC Batangas Voy.2403 N dari pelabuhan peti kemas Bitung menuju pasar Asia.

Dikatakan Gubernur Olly Dondokambey berbagai program Pemprov Sulut, diharapkan menjadi terobosan untuk mengantarkan komoditi Sulut menembus pasar internasional. Di mana langkah tersebut, akan terus dilakukan.

“Berbagai strategi dan program digulirkan untuk menjawab komitmen dan target pemerintah agar menembus pasar komoditi internasional. Langkah ini, masih akan terus dilakukan,” tukasnya.

Menjawab komitmen program tersebut, Wagub Steven Kandouw bakal menjelaskannya secara tuntas melalui diskusi Forum Publik yang digagas salah satu televisi plat merah, pada Selasa (27/02/2024).

Sebagai salah satu pembicara mewakili pemerintah provinsi, Kandouw akan menjelaskan secara rinci.

Kandouw akan berbincang bersama sejumlah narasumber, yakni Edwin Situmorang (Kakanwil DJBC Sulut Bagian Utara), Teguh Firdaus (Terminal Head of PT Pelindo Bitung) dan Matrix Zhang (Head of Marketing dan Commercial Departement PT SITC Indonesia) pada acara yang akan live di TVRI pukul 18:00 WITA.(eda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.