Maurits Mantiri & Hengky Honandar Melepas Goan Siao Tahun 2024 di Klenteng Seng Bo Kiong Bitung

Bitung, Sulutreview.com– Umat Tri Dharma Kota Bitung kembali dipercayakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk melaksanakan ritual suci di tahun 2024 ini.

Terbukti pada Sabtu (24/02/2024) ratusan umat Tri Dharma Kota Bitung kembali lagi melaksanakan Upacara Goan Siao yang dilaksanakan hanya di dalam lingkungan Klenteng Seng Bo Kiong di wilayah Kadoodan Kecamatan Madidir.

Pada pelepasan Goan Siao di tahun 2024 ini, dilakukan langsung oleh Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar bersama Istri Ci Ellen Sondakh serta juga dihadiri, Pendiri Klenteng Seng Bo Kiong Ko Denny Sondakh dan Pandita Rolly Ciwulusan serta Istri mantan Wali Kota Bitung Alm Hanny Sondakh yaitu Josephine Taroreh, jajaran Pendeta dan perwakilan Rohaniawan lainya dari Badan Kerjasama Antar Umat Beragama di Kota Bitung serta Doa pengantar dibawakan oleh Pdt Venda Mokalu ST.h.

Saat pelepasan Wali Kota dan Wakil Wali Kota bersamaan mengangkat bendera menandakan ritual upacara Goan Siao resmi dimulai dan seluruh peserta langsung berjalan mengitari di lingkungan Klenteng Seng Bo Kiong saja.

Terpantau ada 2 Thangsin yang hadir dalam upacara suci ini, menghibur warga. Terlihat meski hanya dilakukan di dalam lingkungan Klenteng. Namun animo masyarakat tetap saja memadati di lokasi tersebut karena dihadiri hampir 2000-an orang.

Tampak hadir Kapolres Bitung AKBP Albert Zai SIK MH dan Wakapolres Kompol Afrizal Achmad Nugroho SIK serta Kabag Ops AKP Sandi Putra SIK dan jajaranya mengawal prosesi Goan Siao sehingga bisa berjalan sampai berakhir dengan segala baik.

Hadir juga sejumlah Publik Figure di Kota Bitung yaitu anggota DPRD Habriyanto Achmad, salah satu Tokoh Perikanan Joseph ‘Keon’ Maringka, Ci Maya Dundu dan mantan anggota DPRD Vonny Sigar SE. (zet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.