IPPMA Mitra Mengajak Semua Pihak Terlibat Sukseskan Pemilu 2024

IPPMA Minahasa Tenggara saat mendeklarasikan Pemilu Damai (Istimewa)

Mitra, Sulutreview – Ikatan Pelajar Pemuda Mahasiswa Minahasa Tenggara (IPPMA) Mitra mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga keamanan dalam Pemilihan Umum 2024 dan menghindari konflik atau kontroversi yang dapat menimbulkan perpecahan sosial.

Menurut Ketua IPPMA Mitra, Julio Antou, sebuah pemilu yang dipenuhi oleh konflik dan ketidaksepakatan hanya akan menimbulkan keterbelahan dalam masyarakat. Dalam hal ini, IPPMA Mitra telah menyelenggarakan kegiatan Deklarasi Pemilihan Umum 2024 yang Damai dengan mengambil tema Preferensi dan Eksistensi Generasi Milenial dalam Menghadapi Dinamika Pemilihan Umum 2024.

Dalam deklarasi tersebut, Julio menekankan bahwa kita perlu menghargai perbedaan pilihan setiap warga negara yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum. Dengan begitu, setiap warga negara dapat menggunakan hak pilihnya dengan sesuai hati nurani mereka dan tidak memilih golput.

“Oleh karena itu, sebagai agen perubahan, generasi muda perlu mengambil peran aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat pada saat kontestasi politik berlangsung,” ujarnya di Kantor Bupati Mitra, Jumat (09/02/2024).

Upaya ini, kata Julio, sangat penting untuk menjaga kondusifitas serta turut memberikan edukasi kepada komponen bangsa demi terwujudnya Pemilihan Umum yang jujur, adil, aman dan damai.

Terkait hal ini, IPPMA Mitra juga mengharapkan agar seluruh masyarakat lebih berhati-hati dalam menerima informasi terkait dengan pemilihan umum 2024 yang jumlahnya masif. Setiap informasi harus diperiksa kebenarannya dengan hati-hati untuk menghindari penyebaran hoaks dan disinformasi.

Selain itu, dalam rangka menciptakan Pemilihan Umum yang aman dan damai, Pemilih harus aktif dan berdaya, serta harus diberikan akses informasi yang utuh tentang penyelenggaraan pemilu. Kampanye politik juga harus dilakukan sesuai dengan aturan dan menghindari larangan, dan memberikan pendidikan politik yang baik kepada publik.

“Semuanya harus dilakukan untuk menjaga perdamaian dan keamanan dalam masyarakat, serta taat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan begitu, terwujudlah suatu Pemilihan Umum yang jujur, adil, aman dan damai secara bersama-sama,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Pj. Bupati Ir. Ronald Sorongan MSi, Asisten 1 Mitra Bpk. Jani Rolos, Ketua KPU Mitra Bpk. Otni Tamod, S.Pi, Ketua Bawaslu Mitra Bpk. Drs. Jobie Longkutoy, ME, dan Perwakilan DPRD, Ibu Dewan Sophia Antou (Sekretaris Komisi 1), serta Perwakilan Kapolres Mitra yang diwakili oleh Kasat Intelkam Polres Mitra, Iptu. Suparlan, Kasatpol PP Irwan Abdjulu. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.