2.751 Petugas KPPS di Mitra Resmi Dilantik

2.751 Petugas KPPS di Mitra Resmi Dilantik (Istimewa)

Mitra, Sulutreview – Ribuan Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara atau KPPS di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), telah resmi dilantik secara bersamaan.

Pelantikan KPPS berlangsung serentak sejak pukul 09.00 WITA oleh Ketua PPS yang terdapat di Minahasa Tenggara. Selanjutnya, penyelenggara pemilihan suara tersebut melanjutkan dengan penanaman pohon secara bersamaan di seluruh wilayah Indonesia pada hari Kamis, 25 Januari 2024.

Ketua KPU Minahasa Tenggara, Otnie Tamod, menjelaskan bahwa pelantikan KPPS, penanaman, serta Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. “Pelaksanaan Bimtek akan dilakukan selama tiga hari hingga Sabtu, 27 Januari 2024,” beber Tamod.

Tamod menambahkan bahwa penanaman pohon dilakukan oleh setiap anggota KPPS yang dilantik, dan setiap anggota KPPS diharuskan menanam satu pohon. Jumlah total pohon yang ditanam sama dengan jumlah KPPS dilantik. “Program ini merupakan bagian dari kepedulian KPU terhadap lingkungan, mengingat proses pemilu masih membutuhkan kertas untuk surat suara dan kotak suara yang sumbernya berasal dari kayu. Oleh karena itu, program reboisasi ini harus diterapkan,” ungkap Tamod.

Lebih lanjut, Tamod menyatakan bahwa setiap titik lokasi kegiatan Bimtek KPPS terdiri dari 50 peserta dan dibagi per wilayah. Setiap kecamatan memiliki beberapa titik lokasi kegiatan Bimtek.

“Kami melaksanakan Bimtek dengan cara berjenjang dan simulasi, serta dilaksanakan selama waktu yang cukup panjang mulai dari pagi hingga malam hari, bahkan disertai dengan materi Sirekap. Hal itu kami lakukan agar anggota KPPS dapat dengan baik mengerti dan mempraktikan materi Bimtek ini saat menjalankan tugas mereka di TPS pada hari Rabu, 14 Februari 2024 mendatang,” tambah Tamod. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.