Libatkan Bawaslu, Pemkab Mitra Gelar Sosialisasi Netralitas ASN

Pemkab Mitra saat melaksanakan sosialisasi netralitas ASN (Dok: Pemkab Mitra)

Mitra, Sulutreview – Salah satu prinsip penting untuk mencapai profesionalisme dan keadilan di tubuh Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah netralitas. Netralitas berarti bahwa ASN harus menghindari intervensi, tidak memihak, tidak terpengaruh, dan bersikap adil dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Dalam penyelenggaraan pemilu, ASN harus memastikan netralitasnya agar pemilu dapat dilaksanakan dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia (Luber), jujur dan adil (Jurdil). Sehubungan dengan hal ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra) telah mengadakan acara sosialisasi mengenai netralitas ASN pada hari Rabu (24/1/2024) di ruang rapat kantor bupati. Acara ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Mitra, Drs Joby Longkutoy sebagai narasumber.

Ronald Sorongan, Penjabat Bupati Mitra, menjelaskan bahwa sosialisasi netralitas merupakan salah satu langkah pemerintah daerah untuk mengingatkan ASN tentang batasan dan regulasi yang perlu ditaati dalam melaksanakan tahapan pemilu 2024. Ia juga menekankan bahwa netralitas merupakan prinsip mutlak yang perlu dijunjung tinggi oleh seluruh ASN. Selama Pemilu 2024, ASN harus berhati-hati agar tidak terlibat dalam politik dan menjadi korban politik. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.