HUT ke78, Gubernur Olly Dondokambey Apresiasi Semangat TNI Menjaga NKRI

Gubernur Olly Dondokambey apresiasi kinerja TNI menjaga stabilitas keamanan. Foto : istimewa

Manado, Sulutreview.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menyampaikan apresiasi atas semangat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peran serta TNI dalam menjaga ketertiban dan kelangsungan kehidupan telah dirasakan masyarakat. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih, karena di usia yang ke 78 tahun, semangat TNI menjaga NKRI semakin kuat,” ungkap Gubernur Olly.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas peran serta TNI dalam membangun Bumi Nyiur Melambai.

“Mengiringi semangat kebersamaan dan persatuan di momen HUT TNI ini, saya mengucapkan terima kasih kepada TNI di Sulut, yang telah menjadi garda terdepan,” ujarnya.

Bahkan dalam kondisi force majeure di Sulut, termasuk masa penanggulangan Covid-19 dan bencana banjir yang melanda tahun 2014 silam.

“Itu semua sangat berat. Kondisi force majeure juga kita hadapi saat ini, yakni bencana alam, bencana kebakaran di gunung Soputan,” tukasnya sembari menyampaikan ucapan selamat karena telah terjadi sinergitas.

“Apresiasi untuk sinergitas TNI di Sulut. Atas nama Pemerintah Provinsi Sulut, mengucapakan selamat ulang tahun ke-78 untuk TNI di tahun 2023. Semoga amal bakti TNI, khususnya di Sulut, selalu bersama-sama dengan rakyat. Untuk membawa keamanan dan kedamaian yang ada,” tuturnya.

Peringatan HUT ke78 TNI, yang dilaksanakan dengan upacara di halaman Makodam XIII/Merdeka tersebut dihadiri seluruh jajaran TNI di Sulut, jajaran Forkopimda dan kepala daerah se Sulut.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), yakni Danlantamal VIII/Manado Laksma TNI Nouldy J. Tangka, S.A.P., CHRMP., dan pasukan upacara terdiri dari TNI AD, AL, AU, PNS Kemhan, Komcad dan FKPPI.

Dalam amanat, Panglima TNI Laksamana TNI Yugo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa peringatan HUT ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

“Yang mengandung makna, kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera,” sebut Laksma Tangka.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota Legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah, yaitu pada 38 Provinsi, 415 kabupaten dan 98 Kotamadya” jelasnya kembali.

Menghadapi spektrum ancaman ke depan yang semakin luas dan kompleks, tutur Laksma Tangka, tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan, yaitu pekembangan teknologi dan system pertahanan. “Negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiiki daya getar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global,” jelasnya.

Kegiatan Upacara selesai dilanjutkan acara Syukuran HUT ke-78 TNI di Garasi makodam XIII/Merdeka.(eda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.