APBDes Perubahan TA 2023 Segera Dievaluasi

Jani Rolos (Foto: Tommy Polandos)

Mitra, Sulutreview – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat melaksanakan rapat dalam rangka Anggaran Pendapatan Belanja Desa Perubahan Tahun 2023, Jumat (29/9/23).

Asisten 1 Jani Rolos mengatakan bahwa sesuai dengan surat keputusan Bupati Mitra bahwa Tim Evaluasi Perubahan APBDes Tahun perlu dilakukan.

“Yang utama adalah mengevalusi program kegiatan penganggaran di semester pertama. Apakah sudah berjalan dengan baik sudah sesuai dengan peruntukannya dengan program masyarakat yang ada pada RKPDes dengan skala prioritas yang ada” katanya.

Menurutnya saat ini sudah pada semester kedua, masuk pada bulan Oktober tentu ada perubahan sesuai program kegiatan yang belum dilaksanakan.

“Melalui Tim APBDes akan mengecek kembali lagi hasil musdes yang tertuang pada RKPDes apa layak dan memungkinkan untuk dilakukan perubahan dan ini memungkinkan sesuai aturan. Apalagi ada beberapa Desa yang mendapatkan tambahan dana desa tahun 2023,” ungkap Rolos.

Untuk itu dirinya berharap pada pekan depan semua Desa sudah melaksanakan kegiatan penyusunan perubahan APBDes tahun 2023 dan segera dievaluasi.

“Semua kegiatan baik mendesak ataupun berkaitan dengan sosial kemasyarakatan harus segera dituntaskan dan di Musyawarahkan. Penyelarasan program pemerintah Pusat,Provinsi, Kabupaten sampai ke Desa sangatlah penting apalagi terkait percepatan penanganan Stunting yang merupakan agenda nasional sedangkan untuk program daerah yaitu drainase tertutup dan lampu hias harus dilakukan dalam rangka penyelarasan program” pungkas Rolos. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.