Rencanakan Pembangunan, Pemkot Mengacu SIPD

Credit : Walikota Caroll Senduk saat menyampaikan sambutan di kegiatan bImtek. Foto : ist

Manado, Sulutreview.com – Perencanaan pembangunan daerah Kota Tomohon didasarkan pada informasi yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) serta mengacu Permendagri No 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, bahwa data dan informasi perencanaan pembangunan daerah dikelola secara elektronik.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tomohon perlu untuk memperlengkapi Kepala Perangkat Daerah dan SDM perencana secara teknis agar data yang di input yang disajikan melalui aplikasi SIPD nantinya benar-benar berkualitas dan bermanfaat untuk pembangunan daerah, termasuk dalam perencanaan pembangunan Kota Tomohon tahun 2023.

“Adanya SIPD maka proses integrasi, sinergi dan keselarasan antara perencanaan pembangunan dan keuangan daerah semakin baik,” ujarnya pada bimbingan teknis penyusunan RKPD dan Renja berdasarkan Kemendagri 050 5889 Tahun 2021 dalam aplikasi SIPD, di hotel Luwansa, Kamis (31/3/2022).

Demikian halnya penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2023 merupakan bagian dalam periode RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026, dimana Pemkot Tomohon telah menetapkan visi misi strategi dan arah kebijakan pembangunan Kota Tomohon.

Kepada peserta kegiatan diharapkan dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan baik sehingga dapat bermanfaat kaitannya dalam proses pembangunan daerah yang ada di Kota Tomohon.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu MAP sebagai unsur pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan ini, untuk memberikan pemahaman atau keterampilan ASN dalam proses penyusunan Renja/e-Renja Perangkat Daerah Tahun 2023 dalam bentuk bimbingan teknis.

“Tujuan kegiatan ini untuk penyusunan Renja Perangkat Daerah di Pemkot Tomohon tahun 2023 di aplikasi SIPD, serta kesesuaian RKPD Kota Tomohon dan Renja Perangkat Daerah dengan Kepmendagri 050 5889 tahun 2021,” tukasnya.

Peserta dalam kegiatan tersebut, seluruh Kepala Perangkat Daerah se Kota Tomohon bersama pejabat atau staf yang membidangi perencanaan setiap Perangkat Daerah.

Ikut hadir, Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng, para Assisten Sekda Kota Tomohon, narasumber kegiatan, unsur Pemkot Tomohon, unsur Bappeda Provinsi Sulut bersama tim penyusun RKPD Kota Tomohon tahun 2023, dan untuk narasumber secara virtual, unsur Dirjen Bina Bangda Kemendagri dan Dirjen Bina Keuangan Keuangan Daerah Kemendagri.(chichi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.