Gubernur Olly Optimistis Olahraga Dirgantara Bakal Dongkrak Pariwisata Sulut

Gubernur Olly Dondokambey saat menghadiri pengukuhan FASI.(Foto : ist)

Manado, Sulutreview.com – Olahraga dirgantara di Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan bakal berkembang pesat. Bahkan bakal menjadi daya ungkit sektor pariwisata.

Gubernur Olly Dondokambey optimist, bahwa olahraga dirgantara yang membutuhkan keberanian tersendiri, menjadi daya tarik para turis mancanegara.

“Pemerintah Sulut memastikan akan selalu mendukung penuh setiap kegiatan olahraga di tingkat nasional bahkan internasional, karena dinilai bisa menarik perhatian para turis dari mancanegara”, kata Olly saat membuka acara Pengukuhan Pengurus Besar (PB) Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sulut Periode 2021-2025 yang diselenggarakan di Novotel Convention Hall, Senin (21/3/2022).

Sebagai pelindung FASI, Olly memberi apresiasi atas pelaksanaan setiap kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh FASI, meskipun ketika masa pandemi Covid-19 datang ada beberapa kegiatan olahraga dirgantara yang tertunda kegiatannya.

“Mudah-mudahan pada tahun 2022 ini kita sudah bisa agendakan kegiatan FASI secara nasional maupun international. Untuk itu diharapkan untuk seluruh pengurus yang dilantik kiranya bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga di bidang aeromodelling dan terjun payung,” ujar Olly.

Diketahui, pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Harian PB FASI. Hal itu dinilai mempunyai makna yang penting untuk kelanjutan pembinaan prestasi dan pelatihan dirgantara kedepannya, sehingga bisa lebih baik dibawah kepemimpinan Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado Marsma TNI M. Satriyo Utomo yang terpilih sebagai ketua FASI Sulut.

Sementara itu, Ketum KONI Sulut Steven Kandouw yang diwakili dr. Joy Rattu selaku Pengurus KONI Bidang Kesehatan turut menyampaikan sejumlah pesan kepada PB FASI yang dilantik.

“Sebenarnya menurut catatan perkembangan sejarah olahraga, FASI sudah banyak memberikan sumbangsih nama baik kepada Sulut pada periode-periode tertentu,” ungkapnya.

Ke depannya, pengurus yang baru diharapkan bisa menciptakan bibit-bibit baru yang bisa membawa nama baik Sulawesi Utara pada berbagai kompetisi tingkat nasional, khususnya dalam meraih hasil yang memuaskan di PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

“Selain itu pada tahun 2023 mendatang, Sulut rencananya akan mengadakan event olahraga tingkat international yaitu World Beach Games yang akan memperlombakan seluruh cabang olahraga khusus di pantai atau air. Kegiatan ini tentunya kita harapkan bisa berjalan sukses dan bisa membawa nama baik Sulut di kanca internasional, karena tentunya akan banyak negara yang akan melirik dan berpatisipasi dalam event tersebut”, tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkompimda Sulut, Wakil Walikota Tomohon dan Wakil Bupati Minahasa Tenggara yang juga sebagai bertindak selaku pengurus FASI Sulut, serta seluruh jajaran PB FASI Sulut.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.