4 Kapal Wisata Bottom Glass Diresmikan Menhub, 2 Unit Beroperasi di Minahasa Utara

Menhub Budi Karya Sumadi saat meresmikan Kapal wisata secara serentak di Labuan bajo (kiri) dan peresmian kapal wisata di wilayah Minut.(Foto : ist)

Minut, Sulutreview.com– Perhatian Pihak Kementrian Perhubungan RI terhadap kelancara lalu lintas laut khususnya mendukung akan dunia Kepariwisataan di Indonesia sangatlah besar.

Peresmian kapal bottom Glass yang dipimpin Menhub

Buktinya di bulan Maret tahun 2022 saat ini, sudah ada 4 kapal Bottom Glass yang diresmikan untuk mendukung penuh sektor Pariwisata.

Hal ini terungkap pada peresmian 4 Kapal Pariwisata Bottom Glass yang diresmikan secara serentak pada Jumat (18/03/2022). Dari informasi yang diperoleh dari 4 unit Kapal Bottom Glass ini 2 unit diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan RI di wilayah Labuan Bajo dan 2 unit diresmikan di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Likupang yang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala UPP Kelas III Likupang Moh Qowi SE MAP kepada wartawan mengatakan kegiatan Peresmian Kapal Wisata Bottom Glass oleh Bapak Menteri Perhubungan secara virtual dari Labuan Bajo dimulai jam 16.00 Wita.

Diketahui Kapal Wisata Bottom Glass buatan dalam negeri, untuk mendukung pengembangan wisata di daerah yang menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas tersebut.

Empat unit kapal yang diresmikan berlokasi di Labuan bajo 2 unit diberi nama Baswara Bahari 1 dan Baswara Bahari 2 bertipe katamaran dan dua Unit di Likupang dengan nama Nirmala Bahari 1 dan Nirmala Bahari 2.

Kapal ini dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah dan dapat menampung menampung 44 orang dan 7 anak buah kapal (ABK).

Menhub menjelaskan, keberadaan kapal ini akan menjadi suatu daya tarik tersendiri, yang akan memikat para wisatawan baik domestik maupun internasional.

“Oleh karenanya, saya pesan kepada Pemda agar ini dikelola dengan baik dan kita sudah sepakat untuk mencari pihak yang profesional untuk mengelolanya,” jelas Qowi mengutip pernyataan Menhub RI melalui Teleconference.

Hal ini juga, untuk mendukung destinasi wisata super prioritas, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub membangun 4 (empat) unit kapal wisata Bottom Glass dengan alokasi anggaran kurang lebih Rp. 80 Milyar, yang dikerjakan mulai tahun 2020. Dua kapal diperuntukkan bagi Labuan Bajo, dan dua kapal lagi untuk destinasi wisata Likupang dan Bunaken.

Pembangunan kapal diproduksi oleh galangan kapal dalam negeri dengan 4 (empat) paket pekerjaan di Jakarta dan Surabaya. Menhub berharap, Pemda dapat mengoptimalkan pemanfaatan kapal ini untuk mendukung sektor pariwisata dan menumbuhkan titik-titik perekonomian baru di daerah.

Pada kesempatan yang sama Bapak Sekda Minahasa Utara Rivino W.L Dondokambey menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Menhub serta UPP Likupang yang telah memberi perhatian yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di Likupang khususnya dalam usaha mendukung destinasi pariwisata super prioritas dan KEK Pariwisata Likupang.

“Kami berharap bantuan kapal wisata yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di Likupang serta dapat menyejahterakan masyarakat di kawasan Ekonomi Khusus Likupang,” kata Sekda.

Turut hadir di Dermaga Pelabuhan Laut Likupang Sekda Kab. Minahasa Utara, Kadis Perhubungan Prov. Sulut, Kadis Perhubungan Kab. Minut, Direktur PD Klabat, Kadisnav Kelas I Manado/Bitung, KSOP Bitung, KSOP Manado, UPP Amurang, BPTD XXII Sulut, Basarnas dan Satpolair.

Kepala Kantor UPP Likupang Moh Qowi SE MAP menyampaikan bahwa 2 Kapal yang ada di Likupang saat ini.

“Statusnya dititip sementara selama 3 Bulan pada Syahbandar Likupang untuk dijaga dan dirawat sambil menunggu proses serah terima Hibah dari Kemenhub ke Pemda Prov. Sulut satu unit beroperasi di Bunaken dan Pemkab. Minahasa Utara satu unit beroperasi di Likupang,” katanya.

Setelah kegiatan peresmian secara virtual selesai dilanjutkan dengan pemotongan pita peresmian kapal oleh Sekda Kabupaten Minahasa Utara mewakili Bupati Minahasa Utara untuk KM. Nirmala Bahari 1 dan gunting pita oleh Kadishub Daerah Provinsi Sulut mewakili Gubernur Sulut untuk KM. Nirmala Bahari 2.(zet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.