Forum Lintas Perangkat Daerah Bahas Renja dan RKPD 2022

Suasana Forum Lintas Perangkat Daerah Kota Tomohon.(Foto : ist)

Tomohon, Sulutreview.com – Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH yang diwakili
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Ir. Enos A. A. Pontororing, M.Si menghadiri Forum Lintas Perangkat Daerah pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Daerah Kota Tomohon di Grand Master Resort, Kamis (17/3/2022).

Forum tersebut membahas rancangan kerja (renja) perangkat daerah dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrembang RKPD di kecamatan sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan renja perangkat daerah, yang di fasilitasi oleh perangkat daerah terkait.

Pontororing dalam kesempatan itu, mengatakan forum yang dilaksanakan merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun renja perangkat daerah dan RKPD Kota Tomohon tahun 2023.

“Pelaksanaan forum perangkat daerah ini adalah amanat dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” ujarnya.

Pelaksanaan forum perangkat daerah ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang rkpd kabupaten/kota di kecamatan untuk renja perangkat daerah kabupaten/kota.

“Sekaligus mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah. Juga menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah provinsi/kabupaten/kota dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah,” jelasnya.

Forum juga memiliki fungsi penting, yakni menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah provinsi/kabupaten/kota.

Di samping itu, Pontororing mengharapkan pelaksanaan forum perangkat daerah ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya.

“Forum ini juga merupakan bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” tandasnya.

Ditambahkan, forum perangkat daerah ini adalah lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang kelurahan, kecamatan yang telah dilaksanakan se-kota Tomohon pada minggu lalu. “Selanjutnya hasil dari forum lintas perangkat daerah ini akan menjadi bahan kerja dalam musrenbang RKPD kota nanti,” imbuhnya.

Turut hadir Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Daerah Joice Taroreh, ST., Kepala Dinas Perhubungan Daerah Kota tlTomohon Drs. Joppie Robbie Kalangi, SH., Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Daerah Kota Tomohon Novi Politon, SE., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Tomohon John Kapoh, SS., M.Si., Koordinator Program Kotaku Kota Tomohon Bobby Poluan, SPT.(chichi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.