Kesbangpol Gelar Verfak P3DT, Buang Ngantung: Kami Bentuk Ini Agar Sopir Dump Truck Lebih Sejahtera

TPO saat berkunjung di sekretariat P3DT di Kelurahan manembo-nembo Tengah untuk verfak

Bitung, Sulutreview.com-Keseriusan puluhan sopir Dump Truck di Kota Bitung, untuk membentuk organisasi dengan nama Perkumpulan Pengemudi dan Pemilik Dump Truck (P3DT) nampaknya tidak hanya angin-anginan atau timbul tenggelam saja.

Akan tetapi P3DT ini, langsung bergerak cepat untuk membentuk wadah perkumpulan Sopir Dump Truck di Kota Bitung ini, sebagai wadah untuk secara sah dimata hukum dan pemerintah, dengan mengurus segala dokumen dan persyaratan lainya, untuk resmi mendaftarkan diri di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Kota Bitung.

Hal ini dibuktikan, saat tim Kesbang Pol melalui Tim Pengawas Ormas (TPO) mengunjungi Kantor Sekretariat P3DT, yang berada di Kelurahan Manembo-nembo Tengah Kecamatan Matuari pada Selasa (01/03/2021).

Kedatangan TPO yang berkolaborasi dari tim KesbangPol, Kejaksaan, Kepolisian dan TNI Kodim 1310 Bitung, langsung disambut Ketua P3DT Julius “Buang” Ngantung dan sejumlah pengurus P3DT lainya untuk melakukan verifikasi faktual akan keberadaan Perkumpulan P3DT ini sesuai dengan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Kabid Ketahanan Seni Budaya Ekonomi dan Kemasyarakatan Kesbangpol kota Bitung Agus Mamijo S.E mengatakan bahwa selain untuk melakukan verifikasi faktual terkait pendaftaran P3DT di Kesbangpol, kunjungan TPO kota Bitung juga Sebagai langkah pembinaan, komunikasi, dan membangun kemitraan bersama dengan perkumpulan sopir-sopir Dump Truck yang ada di Kota Bitung.

Mamijo sangat mengapresiasi akan keseriusan P3DT dalam membentuk perkumpulan ini dan melakukan pendaftaran di KesbangPol. “Verifikasi Faktual (Verfak) ini sangat penting sebagai bentuk kesadaran dan tanggung jawab dari setiap perkumpulan untuk didaftar secara sah dimata pemerintah dan hukum,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini memamg banyak Ormas di Kota Bitung yang tidak jelas dan tidak terdaftar di Kesbangpol Bitung, untuk itu kami mengapresiasi kepada P3DT Kota Bitung yang pada hari ini, telah resmi terdaftar dan terverifikasi faktual di Kesbangpol Bitung.

Selain itu, Agus mengatakan saat ini ada Aplikasi berbasi Online “Si O Mas” untuk mengurus Surat Keterangan Terdaftar (SKT) maupun Surat Keterangan Melapor (SKM) kepada Badan Kesbangpol.

Sementara itu, Ketua P3DT Julius ‘Buang’ Ngantung kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa, perjuangan yang panjang rekan-rekan yang tergabung didalam Perkumpulan Pengemudi dan Pemilik Dump Truck akhirnya terjawab, sudah lewat Verifikasi faktual yang di lakukan oleh Tim Pengawas Ormas (TPO) Kota Bitung.

“Kami di Bitung sesuai data ada 60 anggota Dump Truck yang tergabung bersama kami, perjuangan cukup panjang, kami lakukan selama empat bulan sampai terverifikasi Kesbangpol Bitung,” ungkap Buang

Buang pun menambahkan bahwa tujuan dibentuknya P3DT ini adalah sebagai wadah untuk para sopir dan pemilik Dump Truck dalam menyampaikan aspirasi dan keluhan-keluhan yang sering dijumpai saat beroperasi di jalanan.

“Sebenarnya inti atau kerinduan kami membentuk ini, sebagai sarana untuk menyerap aspirasi demi kesejahteraan anggota dalam hal ini para sopir-sopir dump truck dengan memberikan perlindungan bagi pemilik, pengemudi, maupun pengusaha dump truck yang sering terjadi saat di lapangan, sebagai contoh kelangkaan BBM dan lainya, serta untuk menarik investor,” ujar Buang.

Buang berharap, jika Tuhan berkenan kami resmi terdaftar secara sah. Tentu segala sekat-sekat persoalan dilapangan bagi kami para sopir-sopir Dump Truck akan dapat segera teratasi dengan berkolaborasi dengan pihak TNI dan Kepolisian.

“Khususnya masalah yang seringkali kami hadapi yaitu masih sulitnya kami, dalam membeli pasokan BBM khususnya jenis solar di SPBU-SPBU yang ada di Kota Bitung dan sekitarnya serta hal-hal yang bagi kami sangat merugikan kalangan sopir-sopir dump Truck,” pungkasnya.

Diketahui susunan pengurus Dewan Pimpinan Pusat P3DT Kota Bitung, Ketua P3DT Julias K. Ngantung, Sekretaris F. Raymond Tumbol, Bendahara Hermanto SOA’E, Wakil Bendahara Oktafianus Rompas, Humas P3DT Sterny Terok.

Turut hadir dalam verifikasi faktual tersebut, mewakili kesbangpol Bitung Kabid fasiliasi Ketahanan Seni Budaya Ekonomi dan kemasyarakatan Kesbangpol Kota Bitung Agus Mamijo, Dedy Herikedua, kasubid fasilitasi Donal Manansang, Serma Aske Suoth yang mewakili Pasi Intel Kodim 1310 Bitung.(zet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.