Cuaca Ekstrem, Sejumlah Kelurahan di Sitaro Tergenang Banjir

Rumah warga yang tergenang banjir. Foto : ist)

Sitaro, Sulutreview.com – Akibat hujan yang terus menerus, sejumlah Kelurahan di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) tergenang banjir pada Jumat (4/2/2022).

Cuaca ekstrem yang disertai hujan dengan intensitas lebat terus terjadi belakangan ini. Ditambah lagi dengan gelombang pasang air laut, diperparah dengan saluran air yang mampet, tak pelak telah mengakibatkan genangan air.

Sesuai amatan, genangan air setinggi lutut orang dewasa, yang kemudian memenuhi pemukiman warga. Khususnya yang ada di daerah pesisir di Kelurahan Balehumara dan Kelurahan Bahoi.

Menurut Camat Tagulandang, Anton Sangkendatu banjir terjadi sejak pagi, sekitar pukul 06.00 Wita.

“Saat ini, kami sedang turun lapangan. Tepatnya di Kelurahan Balehumara untuk melihat langsung kondisi terrkini,” tandasnya.

Genangan air di kedua kelurahan, yakni di Kelurahan Balehumara maupun Kelurahan Bahoi mulai surut.

“Daerah yang terkena banjir, sudah mulai surut. Kondisinya tidak ada yang mengkhawatirkan,” ujarnya sembari menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan pengecekan di lapangan.

“Belum ditemukan adanya kerusakan rumah warga atau sarana publik. Namun untuk mengantisipasi keadaan, jika ada evakuasi warga, maka segera kita lakukan. Sekaligus juga membuat laporan untuk diteruskan kepada instansi terkait,” katanya.

Kelurahan Balehumara maupun Kelurahan Bahoi, ungkap Sangkendatu sudah kerap terjadi. Terutama ketika hujan lebat dan gelombang pasang.

“Sudah sempat dilakukan normalisasi saluran yang menggunakan alat berat. Tetapi hal itu belum mampu mengatasi ketika cuaca ekstrem,” imbuhnya.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.