DBD Meluas, Warga Sitaro Diimbau Waspada

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, Samuel Raule. Foto : ist

Sitaro, Sulutreview.com – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai meluas di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, Samuel Raule mengingatkan warga agar mewaspadai penyakit yang mengancam kesehatan.

“Masyarakat yang ada di Siau Tagulandang Biaro jangan lengah, tetapi agar mewaspadai berjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue. Terutama di tengah cuaca seperti saat ini,” katanya Kamis (3/2/2022).

Sesuai perkembangan yang ada, hingga saat ini sudah terfapat tiga warga di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro yang terkena penyakit DBD. Di mana dari 3 kasus yang ada, dua orang sudah dinyatakan sembuh.

“Berdasarkan laporan yang ada, dari 3 kasus, diketahui 2 orang sudah sembuh. Sedangkan yang satunya sudah mulai membaik. Namun masih menjalani perawatan di rumah sakit Sawang Siau. Sekali lagi kepada masyarakat diimbau untuk tetap waspada,” katanya.

Pemerintah daerah, sambungnya, mengingatkan warga agar tetap menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting. Terutama dengan menguras tempat penampungan air. Lakukan juga untuk menutup tempat penampungan air serta mengubur wadah-wadah yang berpotensi menjadi tempat nyamuk berkembang biak seperti kaleng-kaleng bekas,” tandasnya.

Selain itu, warga juga diingatkan untuk memberi bubuk abate dalam wadah penampungan air. Karena akan membunuh jentik nyamuk.

Apabila didapati ada anak-anak demam lebih dari dua hari, agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas layanan kesehatan terdekat.

“Jika ada anggota keluarga yang sakit demam maka hendaknya segera di bawa berobat di fasilitas kesehatan terdekat. Jangan tahan di rumah agar segera diberikan tindakan pengobatan,” katanya.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.