Menpora Janji Maksimalkan Potensi Olahraga di Bumi Nyiur Melambai

Menpora Zainudin Amali bersama Wagub Steven Kandouw. Foto : istimewa
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali dan Wakil Gubernur Steven Kandouw menghadiri membahas tentang desain besar olahraga nasional di Manado.

Hal itu terungkap saat pelaksanaan sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digelar di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Rabu (24/11/21).

Bacaan Lainnya

Desain besar itu, tujuannya untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan, diketahui Perpres 86 Tahun 2021 tengah disosialisasikan ke sepuluh provinsi di Indonesia, termasuk Sulawesi Utara.

Menpora Zainudin Amali menyampaikan bahwa Perpres ini perlu disosialisasikan karena di dalamnya terdapat berbagai petunjuk yang menjadi tugas dari pemerintah daerah terkait DBON.

“Tugas yang harus dilakukan pemda baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota ini yang mencakup hulu yaitu urusan kebugaran masyarakat hingga hilirnya yakni prestasi,” ungkapnya.

Terpilihnya Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu tempat sosialisasi, kata Menpora karena dinilai memiliki berbagai potensi di bidang olahraga, baik yang mencakup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi olahraga prestasi, hingga industri dan wisata olahraga.

“Saya diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk mereview fakta-fakta terkait ekosistem pembinaan olahraga nasional. Sementara untuk Perpres 86 Tahun 2021, ini merupakan hasil dari peringatan HUT Olahraga Nasional ke 37 tahun 2020 lalu,” tukasnya.

Menpora kemudian menyebut bahwa dari hasil pertemuannya dengan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, pihaknya bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersepakat untuk memaksimalkan potensi olahraga di Bumi Nyiur Melambai melalui perencanaan kegiatan-kegiatan tingkat nasional maupun internasional, yang kedepannya bisa diselenggarakan di Sulut.

Sementara itu, Wagub Steven Kandouw mengatakan bahwa Pemprov Sulut mendukung dan merespon positif kehadiran Perpres 86 Tahun 2021 tentang DBON. Dirinya menilai Perpres ini menjadi arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif.

“Perpres DBON ini tentunya akan dijadikan pemda dan para stakeholder olahraga di Sulut sebagai pedoman dalam memastikan pembangunan bidang keolahragaan di Sulut bisa dapat berjalan secara efektif, efisien, terukur, sistematis dan tentunya akuntabel,” bebernya.

Terkait dipilihnya Sulawesi Utara sebagai salah satu dari sepuluh provinsi yang dijadikan lokasi kegiatan sosialisasi, Steven Kandouw yang juga merupakan Ketua KONI Sulut mengaku bangga seraya mengucapkan terimakasih kepada Menpora bersama jajarannya.

“Atas nama Gubernur, para atlet dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Menpora di daerah kami. Kiranya melalui DBON ini, kita dapat memajukan olahraga dan prestasi di Sulut,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah pejabat Kemenpora RI, jajaran Forkopimda Sulut, Kadispora Sulut dan pejabat lingkup Pemprov Sulut lainnya, serta para stakeholder terkait.(srv)

banner 300x250