Hengky Honandar Ingatkan OPD Pemkot Bitung Hindari Pungli

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Wakil Wali Kota Hengky Honandar SE mengingatkan kepada seluruh jajaranya yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk jangan coba-coba melanggar komitment untuk terlibat dalam praktik Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) apalagi Pungutan Liar (Pungli)

Pasalnya, jika ada Kepala Dinas, Camat dan Lurah melakukanya tentu siap-siap berhadapan dengan proses hukum tak terkecuali.

Untuk itu, Ia mengajak kepada semua pihak untuk dapat membersihkan praktik Pungli ini. Ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat maupun insan Pers untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap oknum atau secara lembaga yang coba-coba melakukan praktik Pungli.

Ajakan itu disampaikan Wakil Wali Kota saat hadir di Sosialisasi Peraturan Presiden RI Nomor: 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungli, Kamis (25/11/2021).

Sosialisasi itu digelar di Rungan BPU Kantor Wali Kota dan dihadiri Sekertaris Sekretaris Saber Pungli RI, Irjen Pol Dr Drs Agung Makbul SH MH yang juga dirangkaikan dengan pencanangan Kota Bitung menuju Kota Bebas Pungli.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota berharap, melalui sosialisasi akan semakin menciptakan budaya hukum yang bersih dan sehat dalam lingkungan pemerintahan maupun lingkungan kemasyarakatan.

“Melalui momentum ini menjadi
wahana untuk mediasi dan menyampaikan persepsi sebagai acuan serta masukan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan,” kata Hengky.

Untuk mewujudkan Kota Bitung bebas Pungli kata Hengky, pihaknya mengharapkan dukungan dari seluruh unsur stakeholder terkait serta masyarakat jangan sampai terputus.

“Jangan beri ruang dan kepada masyarakat, kami juga menghimbau agar saling mengawasi serta memberikan laporan setiap kegiatan Pungli yang terjadi di wilayahnya serta tidak terlibat memberikan ruang bagi terjadinya praktek pungli dalam pelayanan publik,” jelasnya.

Apabila ditemukan atau mengetahui praktek Pungli kata dia,maka diharapkan dapat melaporkan kepada Satgas Saber Pungli ataupun ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti demi mendukung menuju Indonesia bebas Pungli.

Mantan anggota DPRD Provinsi Sulut ini mengatakan, Kota Bitung saat ini sudah menjadi Kota Digital. Tentu gerakan setiap informasi akan cepat didapat. “Untuk itu dalam rangka menciptakan pemerintahan yang Good Governance tentu harapan kami Kota Bitung akan tetapi bersih dari praktik Pungli ini dengan menaati setiap aturan yang ada yang tentunya didasari oleh loyalitas dan ketaatan kita kepada yang Maha Kuasa maka iman kita akan selalu kuat menghindari hal-hal seperti pungli ini;” pungkasnya.

Hadir juga dalam sosialisasi itu, Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa, Brigjen Pol Dr Bambang Pristiwanto SH MH dan Asisten I, Julius Ondang serta kepala OPD.(zet)

banner 300x250