Ukir Prestasi di PON XX Papua, Basket Sulut Raih Medali Perak

Tim basket putra Sulut asuhan Roland Lengkong berhasil raih medali perak di PON XX Papua. Foto : Humas KONI Sulut
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Setelah melewati perjuangan yang gigih, tim basket putra Sulawesi Utara (Sulut) harus puas di posisi kedua dengan meraih medali perak di PON XX Papua, yang digelar di Sport Complex Mimika, Sabtu (9/10/2021).

Tim basket Sulut dikalahkan tim DKI Jakarta pada partai final, dengan poin 57-72 dari DKI Jakarta.

Capaian tim di bawah asuhan Roland Lengkong tersebut tetap diapresiasi sebagai prestasi yang cukup membanggakan. Karena apa yang ditorehkan kontingen Sulut, ikut menambah medali yang ditargetkan.

Perolehan medali perak dari cabang olahraga basket adalah yang pertama sepanjang keikutsertaan Sulut di PON.

Tim DKI Jakarta yang melawan Sulut, sejak awal berlangsung sangat ketat. Pada dua menit kuarter pertama berjalan, Sulut berhasil unggul 2-0. Hal itu disupport oleh shoot bebas Andrew Lensun.

Namun, pemain DKI Arion Pandapotan menyamakan skor menjadi 2-2 dan setelah itu Jakarta sempat memimpin lima angka, 19-14 hingga akhirnya menutup kuarter tersebut dengan menjadi yang terdepan, 21-17.

Pada kuarter kedua, DKI Jakarta semakin menjauhkan jarak skor 34-22 dan lemparan dua angka Patrick Nikolas menjaga tim Ibu Kota tetap superior sampai memasuki jeda, 40-27. Usai turun minum, Sulawesi Utara belum dapat mengejar lawannya. Mereka tertinggal 43-58 saat kuarter ketiga selesai.

Kuarter pamungkas, situasi tak berubah. Sulut masih kesulitan mengembangkan permainan. DKI Jakarta pun memastikan kemenangan sekaligus medali emas PON Papua dengan skor 72-57. Dengan demikian, DKI Jakarta mendapatkan dua medali pada cabang olahraga bola basket PON XX Papua setelah sebelumnya tim putri mereka mengantongi medali perunggu.

Patrick Nikolas menjadi pemain dengan catatan terbaik di DKI Jakarta setelah melesatkan 14 poin, 13 rebound dan satu assist.

Di kubu Sulut, Fernando Manansang memiliki statistik terbaik yaitu 15 poin dan lima rebound, dengan selisih tipis.

Prestasi tim basket putra benar-benar sangat membanggakan. Akan hal itu, Manager tim Clay Dondokambey sangat mengucap syukur.

“Puji syukur kepada Tuhan yang telah membawa tim dapat meraih medali perak. Terima kasih untuk tim yang sudah berjuang dan menpersembahkan yang terbaik untuk Sulut,” katanya.(srv)

banner 300x250