Olly-Steven Kawal dan Support Kontingen Sulut di PON XX Papua

Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven OE Kandouw saat tiba di bandara Sentani Jayapura
IMG-20210818-WA0009

Papua, Sulutreview.com — Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua menjadi momentum berharga bagi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw (Olly-Steven).

Kehadiran Olly-Steven pada upacara pembukaan yang dipusatkan di Stadion Lukas Enembe Papua, tersebut sebagai bentuk support penuh pada seluruh kontingen PON Papua asal Sulut, Sabtu (2/10/2021).

Pembukaan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, di mana acara diawali dengan parade 34 kontingen yang berasal dari 34 KONI Provinsi, diikuti dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh paduan suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Selanjutnya dilangsungkan dengan mengarak bendera PON yang dilakukan oleh 8 orang atlet legendaris Papua untuk dikibarkan.

Maria Bonay perwakilan Atlet dan Manase Opur perwakilan wasit membacakan janji atlet dan wasit PON.

Presiden Joko Widodo, pada kesempatan itu, mengungkapkan rasa bangga karena membuka PON XX, yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di tanah Papua.

“PON ini menunjukkan kemajuan papua. Kesiapan infrastruktur dan masyarakat Papua untuk berprestasi di kancah nasional bahkan internasional,” tutur Presiden.

Presiden menambahkan bahwa PON ini memiliki makna besar bagi masyarakat Indonesia yaitu sebagai panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan serta keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ajaknya.

“Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” tandasnya.

Sebelumnya, laporan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Pertandingan dimulai sejak 22 September 2021 dan akan berakhir pada 15 Oktober 2021.

Jumlah atlet terdiri dari 6.116 atlet tamu dan 923 atlet tuan rumah Papua, yang mempertandingkan 37 cabor, terdiri dri 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan.
Memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak dan 877 medali perunggu.

Pelaksanaan di 4 klaster, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Venue yg digunakan 45 venue berstandar nasional, bahkan sebagian berstandar internasional. Di antaranya Stadion Lukas Enembe. Stadion terbaik di Asia Pasifik.

“PON ini merupakan ajang meningkatkan silaturahmi, kebersamaan sesama anak bangsa, saling berlaga untuk menjadi yg terbaik namun tetap mengedepankan sportivitas, rasa persaudaraan sebagai alat pemersatu bangsa,” tuturnya.

Selanjutnya sambutan Selamat Datang dari Gubernur Papua Lukas Enembe selaku Tuan Rumah PON.

Dilanjutkan dengan pertunjukan seni adat Papua yang disiarkan secara langsung oleh Televisi.

Dalam devile Tim Sulut, atlet hanya keterwakilan didampingi Ketua Kontingen, Ketua Harian KONI dan Sekretaris.

Gubernur Olly Dondokambey hadir disambut hangat oleh orang Manado di Papua dan mengikuti acara pembukaan bersama Wagub Steven OE Kandouw selaku Ketua KONI Sulut dan pengurus, pejabat terkait serta media.

Turut hadir secara langsung maupun virtual Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Dubes negara sahabat, Menteri kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur seluruh Indonesia.(srv)

banner 300x250