HUT ke-57 Provinsi Sulut, Catatkan Keberhasilan dan Semangat Membangun

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw didampingi Sekdaprov Sulut Edwin Silangen berhasil mencatatkan keberhasilan di Bumi Nyiur Melambai
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 23 September 2021, dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur secara live oleh TVRI, RRI, dan channel youtube Pemprov Sulut.

Dengan maksud agar masyarakat dapat mengikuti dan menikmati keseluruhan acara yang dikemas secara visual terkait kilas balik sejarah, launching aplikasi dan tampilan video atas Penganugerahan Gubernur Terpopuler di media digital AHI 2021

Penyerahan penghargaan diserahkan secara langsung oleh gubernur dan wakil gubernur yang sudah tentu membahagiakan bagi penerima.

Dan tentu perjuangan cita-cita para pendahulu harus dilanjutkan dan tidak melupakan sejarah.

Seperti yang dilakukan oleh OD-SK, tradisi dari tahun ke tahun tetap berlanjut sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa dedikasi dan komitmen membangun Sulut.

Capaian keberhasilan dan penghargan ada begitu banyak yang diraih oleh Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw (OD-SK).

Peringatan HUT Provinsi Sulut menjadi penguatan bagi masyarakat, bahwa walaupun di tengah pandemi dan dalam suasana yang serba terbatas, tetapi tidak membatasi ruang dan waktu untuk terus berkomunikasi. Bahkan mendorong untuk siap berubah masuk di era digitalisasi ini.

Hal itu tak lepas dari perjuangan cita-cita para pendahulu yang harus terus dilanjutkan tanpa melupakan sejarah. Seperti yang dilakukan oleh OD-SK.

Pada momentum yang sarat sukacita itu, Gubernur Olly menyampaikan ucapan selamat. “Dirgahayu daerah yang torang samua cintai ini, Sulawesi Utara ke-57. Tanah yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa for torang samua. Mari jo torang sama-sama syukuri, cintai dan jaga untuk menjadi sebuah kebanggaan voor torang pe anak cucu nanti,” sebut Olly melalui akun media sosialnya.

Dia juga mengajak segenap komponen pemerintah dan masyarakat di Sulut senantiasa bersyukur.

Hal yang sama disampaikan Wagub Steven Kandouw dengan harapan Bumi Nyiur Melambai tetap dalam penyertaan Tuhan, sehingga menjadi daerah yang aman, nyaman dan tenteram.

“Selamat Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara ku tercinta ke-57. Semoga menjadi provinsi yang aman, nyaman, dan tentram untuk semua masyarakatnya,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam rangkaian HUT ke-57 Provinsi Sulut dilakukan ziarah dan tabur bunga di sejumlah makam para pendahulu, yang telah berjasa bagi daerah.

Hal ini membuktikan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw tidak melupakan sejarah, andil para pemimpin terdahulu meletakkan pondasi untuk Sulut makin hebat.

Patut dibanggakan karena tradisi dari tahun ke tahun tetap berlanjut sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa, dedikasi dan komitmen membangun sulut di masa kepemimpinannya.

Ziarah pertama dilakukan Gubernur Olly ke makam mantan gubernur di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata Jakarta bersama Perwira TNI Polri dari Sulut, Rabu (15/9/2021).

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly dan jajaran TNI Polri serta sejumlah pejabat daerah di Sulut ziarah ke mantan-mantan Gubernur, masing-masing FJ Tumbelaka, CA Baramuli, GH Mantik dan Willy Lasut.

Adapun rangkaian Ziarah dilakukan penuh Khidmat itu diawali dengan upacara, peletakan karangan bunga dilanjutkan tabur bunga di masing-masing makam para mantan Gubernur Sulut.

Hadir pula pada kesempatan ini, Bupati Bolmong Yasti Suprejo Mokoagow, anggota DPRD Sulut Rocky Wowor.

Selanjutnya, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw melakukan ziarah ke Makam Para Mantan Gubernur dan Wagub Sulut di Kabupaten Minahasa dan di Kota Manado, Senin (20/9/2021).

Kegiatan rutin tahunan ini, untuk memberikan penghormatan atas jasa- jasa, dedikasi dan komitmen membangun Sulut di masa kepemimpinannya.

Selanjutnya, tim Gubernur Olly didampingi Sekdaprov Edwin Silangen, melakukan ziarah di makam mantan Gubernur Dr. Samratulangi, Makam Mantan Gubernur S.H. Sarundajang, dan Makam Mantan Gubernur A.J Sondakh.

Sementara Tim Wagub Kandouw, melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur CJ Rantung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, dan di Makam Wagub Najamudin di Pekuburan Tuminting Manado.

Selanjutnya, tim Gubernur Olly dan tim Wagub Kandouw, bersama-sama melakukan ziarah ke Makam Mantan Wagub Freddy Harry Sualang.

Kado terindah bagi masyarakat Sulut, OD-SK mempersembahkan berbagai capaian keberhasilan. Hal itu dapat dilihat dari sejumlah penghargaan, yakni :

1.Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau yang disebut Paritrana Award Tahun 2020, yang diumumkan secara virtual di Jakarta.

Paritrana Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah, Perusahaan, Badan Usaha, maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diketahui tertib administrasi serta mampu mengimplementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dalam upaya untuk meningkatkan jumlah peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pemerintah Provinsi Sulut, pada tahun in berada di peringkat tiga Nasional, setelah Papua Barat dan Yogyakarta.

Diketahui, Paritrana Award, kali ini merupakan penyelenggaraan yang keempat sejak pertama digelar pada tahun 2017.

Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin dalam kesempatannya saat menghadiri penghargaan tersebut menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Selama 4 tahun terakhir ini pemerintah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan penilaian seputar kepatuhan Pemerintah Daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, serta Badan Usaha dan UKM terkait pelaksanaan peraturan jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujar Wapres.

Wapres menilai bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan program yang wajib diterapkan di lingkungan Pemerintah Daerah maupun di Dunia Usaha terlebih di era pandemi Covid-19 saat ini.Penghargaan Abdi Tani 2021, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin di Istana Wapres, Jakarta.Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian RI.

Penghargaan Abdi Tani terdiri dari dia kategori, yaitu Kategori Daerah dengan Produksi Beras Tertinggi dan Kategori Daerah dengan Ekspor Pertanian Tertinggi. Dari 34 Provinsi, Sulut masuk dalam daftar 5 daerah dengan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi periode Januari 2020 – Juni 2021.

Sulut mendapatkan peringkat lima. Di mana peringkat satu diraih Provinsi Jawa Tengah, kedua Provinsi Kalimantan Timur, ketiga Provinsi Jambi, keempat Provinsi Kalimantan Barat.

Penghargaan MarkPlus, Inc dalam even The 2nd Planet Tourism Indonesia 2021, menganugerahkan CI-EL Medal of Distinction 2021 kepada Gubernur Sulut sebagai bentuk pengakuan atas capaian, melalui kreatifitas dan inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir ini seperti kreativitas dalam menjadikan pengembangan Sulut sebagai salah satu destinasi wisata utama menjadi daerah tujuan utama untuk perdagangan dan investasi di Sulawesi.

Penghargaan ini diserahkan dalam acara Planet Tourism Indonesia 2021 (webinar) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Kemenparekraf RI pada 22-23 September 2021.

Penghargaan CI-EL Medal of Distinction, yang diberikan kepada insan Indonesia yang telah menunjukkan “Creativity – Innovation – Entrepreneurship – Leadership” yang patut dicontoh dan sekaligus memberikan dampak yang besar pada kinerja organisasi dan juga masyarakat pada umumnya.Tahun lalu penghargaan yang sama juga diberikan kepada Komjenpol Listyo Sigit Prabowo saat memimpin Bareskrim Polri memecahkan sejumlah kasus besar dan lama.

CI-EL atau Creativity, Innovation, Entrepreneurship dan Leadership adalah kompetensi yang dibutuhkan oleh sebuah institusi di dalam menghadapi lingkungan eksternal yang penuh dengan turbulensi sebagaimana saat pandemi COVID-19 ini.Organisasi yang mengadopsi dan menerapkan CI-EL akan mampu menghasilkan solusi yang inovatif serta bisa melihat peluang untuk memimpin perubahan.

Keberhasilan OD-SK di sektor pariwisata juga berdampak kepada sektor perdagangan seperti ekspor komoditas perikanan ke Jepang telah mendorong investasi.

Gubernur Ollly mengucapkan terima kasih kepada MarkPlus Inc atas penghargaan yang diberikan sebagai pengakuan atas kinerja yang telah dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulut.“Kerja keras ini adalah untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara,” ujar Gubernur Olly.

Diketahui, HUT Provinsi seperti tahun sebelumnya dilaksanakan dengan menggelar Upacara Bendera yang dilanjutkan dengan Paripurna Istimewa HUT Provinsi di DPRD Sulut.

Terlihat, baik gubernur dan wakil gubernur bersama jajaran yang ada mengenakan pakaian adat khas Sulut. Mulai dari pakaian adat Minahasa, Nusa Utara dan Bolmong Raya. Hal itu diikuti seluruh pimpinan DPRD Sulut.

Bukan saja baju adat sebagai wujud kearifan lokal. Dalam rapat paripurna DPRD Sulut, disuguhkan tarian khas Sulut.

Paripurna dibuka dengan tarian Kabela dari Bolaang Mongondow. Di mana tarian Kabela merupakan tarian penjemputan tamu, yang berasal dari Bolaang Mongondow.(Advertorial Diskominfo Sulut)

banner 300x250