51 Peserta Dinyatakan Lulus, Dewan Pers-LPDS Sukses Gelar UKW di Sulut

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Dewan Pers dan Lembaga Pers dr Soeditomo (LPDS), sukses melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar di Hotel and Resort Nusantara Dian Centre (NDC) di Kota Manado selama dua hari, yakni pada 21-22 September 2021.

Sebanyak 51 peserta wartawan dari seluruh Kabupaten dan Kota di Sulut dinyatakan lulus dalam UKW dari level Muda, Madya dan Utama.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan UKW di Sulut, dibuka secara langsung oleh Anggota Dewan Pers, Ahmad Jauhar dan dihadiri puluhan penguji yang profesional dari Dewan Pers dan LPDS.

UKW yang dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, sangat mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Hal itu terlihat dari awal pembukaan UKW di mana para peserta wajib mengikuti Swab Antigen dan wajib memakai masker serta menjaga jarak selama UKW berlangsung.

Ahmad Jauhar pada sambutanya mengatakan bahwa, tujuan dilakaanakanya UKW ini dalam rangka untuk menciptakan Wartawan yang berkompeten serta berkualitas dalam hal wawasan, sikap dan tata cara menulis berita dengan benar, berbobot.

Usai kegiatan pembukaan UKW, langsung dilanjutkan dengan materi, di mana dari 51 peserta dilakukan pemisahan melalui kelompok-kelompok yang masing-masing diketuai oleh penguji.

Pada hari pertama, peserta UKW banyak yang sedikit tegang atau agak gugup dalam mengikuti setiap materi yang dibawakan oleh penguji, namun perlahan mulai menyesuaikan. Hal tersebut bisa diatasi sehingga pelaksnaan UKW dapat berjalan lancar diikuti oleh setiap peserta, sehingga di hari pertama UKW, meski dilaksanakan sampai malam hari, namun dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Dihari kedua UKW, seluruh peserta kembali berpacu mengikuti setiap materi yang diberikan penguji, secara serius diantaranya pada agenda membangun jejaring khusus untuk wartawan muda.

Agenda ini sangat menarik, karena setiap wartawan wajib mengumpulkan 25 nomor telepon relasi yang di dalamnya terdapat kalangan pejabat dan kepala instansi dari pemerintah dan vertikal.

Usai memberikan nomor telepon, setiap peserta, penguji meminta agar dapat menelpon beberapa list nomor yang diberikan, untuk menilai kedekatan setiap wartawan dan narasumber, cara melakukan konfirmasi untuk menjadi bahan pemberitaan.

Di akhir kegiatan UKW, para penguji terus melakukan penilaian secara ketat dalam hal menguji wawasan wartawan yang salah satunya adalah tentang kode etik pers, serta diakhir UKW dilakukan evaluasi pada rapat redaksi akan penugasan setiap ketua-ketua kelompok yang bisa terselesaikan dengan aman dan lancar.

Pihak Dewan Pers-LPDS yang diwakili Ahmad Jauhar langsung memberikan sambutan penutup dengan harapan wartawan yang lulus UKW, dapat menjalankan aktivitasnya secara berkompeten dan berkualitas sebagai seorang wartawan yang benar-benar profesional.

Usai sambutan penutup, langsung dilakukan penyerahan piagam peserta UKW kepada 51 wartawan yang lulus yang disambut dengan senyuman kegirangan oleh setiap peserta.

“Terima kasih banyak Dewan Pers-LPDS yang telah membimbing dan menguji kami, sehingga bisa selesai dan menerima penghargaan. Tentu dengan diikutinya UKW ini, kami akan menjadi wartawan yang kredibel dan berkompeten,” ujar Ruland Sandag salah satu wartawan asal Minahasa Tenggara.

Secara terpisah, Jeane Rondonuwu salah satu koordinator pelaksanaan UKW di Sulut, menyampaikan banyak terimah kasih kepada Dewan Pers-LPDS serta kalangan wartawan yang telah berpartisipasi, mengikuti UKW sehingga berakhir dengan mulus aman dan lancar.(zet)

banner 300x250