Bersih-bersih Danau Sineleyan di World Cean-up Day

IMG-20210818-WA0009

Tomohon, Sulutreview.com – Peringatan World Cean-up Day dirangkaikan dengan aksi bersih dan penanaman pohon di sekitar Danau Sineleyan yang berlokasi di Kelurahan Talete I Kecamatan Tomohon Tengah, pada Jumat (17/09/2021).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap masalah lingkungan di Kota Tomohon. Khsususnya Danau Sineleyan.

Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH mengimbau seluruh masyarakat Kota Tomohon agar ikut menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Hal itu harus dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal kita, seperti membuang sampah pada tempatnya, sebagaimana tema world clean-up day tahun 2021 yaitu pilah sampah dari rumah,” kata Caroll.

Kebersihan Kota Tomohon, katanya akan ikut menunjang pariwisata di Kota Tomohon.

“Terutama di saat kita akan melaksanakan evet-event pariwisata baik lokal, nasional dan internasional sebagai salah satu program unggulan kami,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kota Tomohon Jeand’arc Senduk-Karundeng, melakukan sosialisasi terkait energi terbarukan yaitu ecoenzym yang adalah cairan sejuta manfaat bagi kesehatan diri maupun lingkungan.

“Ecoenzym merupakan salah satu terobosan yang dilakukan untuk kelestarian alam ciptaan Tuhan karena ecoenzym ini adalah salah satu cara mengolah sampah organik menjadi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia maupun lingkungan hidup,” tukasnya.

Lebih jauh, Jeand’arc mengingatkan untuk mengurangi penggunaan plastik, banyak menanam pohon, dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk alam ini.

“Karena tindakan yang benar terhadap alam atau lingkungan sekitar kita akan memberikan dampak positif bagi kehidupan kita begitu juga bagi bumi yang kita tinggali ini bisa tetap indah, lestari dan nyaman untuk kehidupan generasi selanjutnya,” jelasnya.

Turut hadir Sekretaris TP PKK Kota Tomohon Eleonora Lumentut-Sangi, Perwakilan Balai Sungai Sulut I Jacklin Tahar, SH, Komunitas Peduli Sungai Tomohon, jajaran Pemerintah Kota Tomohon, serta panitia dan relawan.

Diketahui, kegiatan ini merupakan kerja sama Komunitas Peduli Sungai Tomohon, mahasiswa pecinta alam Aesthetica Unima, Komunitas Talun Kentur dan juga Tim Penggerak PKK Kota Tomohon.(srv)

banner 300x250