Komite II DPD Kunker di Tomohon, Dialog Soal Pertanian

Komite II DPD RI saat kunker di Tomohon
IMG-20210818-WA0009

Tomohon, Sulutreview.com – Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), menggelar kunjungan kerja (kunker) di Kota Tomohon, Selasa (14/9/2021).

Pertemuan yang dipusatkan di Show Window Tomohon itu, dilakukan ialog dengan para perwakilan kelompok tani bunga, khususnya berkaitan dengan pengembangan bunga yang ada di Kota Tomohon.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua Komite II DPD RI Lukky Semen SE yang juga ketua tim menjelaskan bahwa kunker ini dilakukan untuk pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang No 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari aspirasi yang disampaikan Asbindo (Asosiasi Bunga Indonesia) Kota Tomohon yang ditujukan kepada DPD RI dalam hal ini Komite II.

“Semua aspirasi yang disampaikan oleh para petani bunga saat ini, nantinya akan dibicarakan dalam rapat dengar pendapat dengan pihak Kementerian Pertanian, dan berharap semua permasalahan yang ada akan dapat teratasi”, ungkap Semen.

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, mengatakan pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menyambut penuh sukacita atas kunjungan ini.

“Hal ini merupakan bentuk perhatian dari pihak Komite II DPD RI terhadap pengembangan pertanian bunga didalamnya produksi bunga krisan yang ada di Kota Tomohon, untuk itu apresiasi yang setinggi-tingginya buat tim saat ini yang telah memilih Kota Tomohon untuk tempat kunjungan kerja,” tukasnya.

Pemerintah Kota Tomohon berharap, adanya kunjungan ini akan berdampak pada peningkatan pembudidayaan bunga di Kota Tomohon yang dikenal juga dengan Kota Bunga.

Walikota juga berharap, pandemi Covid-19 akan cepat berakhir dan ke depan Kota Tomohon akan dapat menampilkan lagi iven Internasional dengan nuasa bunga yakni TIFF (Tomohon International Flower Festival) yang sudah dua tahun terakhir ini tidak digelar oleh karena pandemi covid 19.

Ketika TIFF ini kembali digelar Komite II DPD RI diharapkan dapat ikut berpartisipasi sekaligus menyaksikan perhelatan akbar TIFF yang telah membuat Kota Tomohon dikenal secara Internasional.

Diketahui, potensi tanaman florikultura khususnya tanaman bungan krisan di Kota Tomohon, Pemerintah Kota Tomohon akan bekerja sama denga pihak terkait akan berupaya mewujudkan apa yang menjadi harapan kita bersama termasuk para petani bunga yakni eksport bunga krisan.

“Sebagai pemerintah, bersama masyarakat di dalamnya Asbindo bersama para kelompok tani berharap adanya dukungan dari pihak Komite II DPD RI untuk turut mewujudkan rencana ini, dalam pengembangan hasil tanaman hias bunga krisan di Kota Tomohon”, ucap Caroll.

Sementara itu, Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian RI Dr Liferdi Lukman SP MSi, pada kesempatan itu secara virtual ikut berdialog bersama.

Lukman menjelaskan, untuk ekspor bunga krisan harus dapat memenuhi standar yang ada, diharapkannya Tomohon nantinya tidak hanya mengekspor bunga krisan tetapi tanaman hias daun lainnya, dan untuk mewujudkannya, selain pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian, peran pemerintah daerah harus benar-benar ada.

Usai berdialog, tim bersama Walikota Tomohon langsung melakukan peninjauan kebun kelompok tani bunga dalam kawasan show window.

Anggota Komite II DPD RI yang ikut dalam kunjungan tersebut Ir Stefanus B A N Liow, Ir Namto Roba SH, Dr Badikenita Putri Sitepu SE MSi, Andri Prayoga Putra Singkarru MSc, Dewi Sartika Hemeto SE bersama Aji Mirni Mawarni ST MM.

Hadir juga ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE bersama Wakil ketua Drs Johny Runtuwene DEA dan Erens Kereh AMKL, bersama para anggota DPRD, unsur Dinas Pertanian Provinsi Sulut dan Kota Tomohon.(srv)

banner 300x250