Politeknik KP Bitung Gelar Dies Natalis ke-22 Tahun Secara Sederhana Mematuhi Prokes

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Menyusul sampai saat ini situasi di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara (Sulut), masih dalam Pandemi Covid-19. Membuat seluruh instansi Pemerintah dan Swasta tetap mematuhi akan Protokol Kesehatan (Prokes).

Direktur Politeknik KP Bitung KP Bitung. Daniel Heintje Ndahawali SP.i MS.i memimpin Upacara Dies Natalis ke-22 Tahun

Di Kota Bitung misalnya. Dimana pihak instansi Kementrian Perikanan yaitu Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Bitung yang berada di Kelurahan Tandurusa Kecamatan Aertembaga, pada perayaan Dies Natalis yang ke-22 tahun tepat pada Senin (06/09/2021) dilaksanakan secara sederhana dengan Prokes yang Ketat.

Terpantau sejumlah wartawan pada perayaan Dies Natalis ke-22 tahun Politeknik KP Bitung terlihat hanya dilaksanakan secara sederhana, dimana pada Pagi hari sekira pukul 07:30 WITA, dilakukan Upacara yang dipimpin langsung oleh Direktur Politeknik KP Bitung Daniel Heintje Ndahawali SP.i MS.i yang dilaksanakan di depan halaman Kantor Politeknik KP Bitung diikuti oleh jajaran Pembantu Direktur (Pudir) dan kalangan Dosen.

Usai Upacara, dilanjutkan dengan lomba penghafalan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia dan berhasil diikuti oleh seluruh Dosen dan yang juara 1-3 diberikan bingkisan oleh Direktur Politeknik KP Bitung. Kemudian masuk pada acara puncak Perayaan Dies Natalis ke-22 tahun dengan melakukan pemasangan lilin HUT Dies Natalis oleh Direktur Politeknik KP Bitung Daniel Heintje Ndahawali SP.i MS.i dengan sederhana dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan menaati Prokes Ketat.

Direktur Politeknik KP Bitung Daniel Heintje Ndahawali SP.i MS.i dalam wawancara wartawan mengatakan bahwa dengan Dies Natalis ke-22 Tahun ini, memang hanya dilakukan secara internal dengan sederhana dalam mematuhi akan Protokol Kesehatan menyusul sampai saat ini, Pandemi Covid-19 masih terus terjadi.

“Tentu harapan kami di Dies Natalis ke-22 tahun ini, Politeknik KP Bitung akan semakin meningkatkan kualitas dalam hal pembelajaran dalam mencetak lulusan-lulusan yang berqualified, siap pakai di pangsa Pasar Kerja dimasa yang akan datang,” ujar mantan Direktur di Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan di Wakatobi ini.

Menurutnya bahwa saat ini Politeknik KP Bitung semua satuan pendidikan kita semua berbasis vokasi utamanya di Kementrian Perikanan yaitu, 70 persen praktek dan 30 persen adalah teori dengan meningkatkan dan mengedepankan pembalajaran Teaching Factory, artinya bagaimana kita mengkondisikan pembelajaran dalam kampus itu, “sama apa yang menjadi kebutuhan dunia usaha dan kerja, khususnya dunia Industri Perikanan dan prakteknya sama dengan dilapangan misalnya penggunakan kapal penangkap serta alat kelengkapan kapal dan fasilitas Docking Kapal terkait perawatan dan perbaikan kapal.

Dan juga untuk Program Studi Teknik Pengolahan Produck Perikanan pihaknya juga memiliki sarana dan prasarana yaitu penanganan dan pengolahan perikanan seperti Cold Storage. “Intinya ketika Taruna dan Taruni lulus sudah sangat berkompetensi sudah sesuai apa yang dibutuhkan pada bursa tenaga kerja sesuai jurusan mereka,” pungkasnya.

Untuk masa Pandemi ini, lanjut Direktur bahwa pola pembelajaran ada juga secara Dalam Jaringan (Daring). Kendati begitu dalam hal praktek lapangan tetap dilakukan namun dengan pembatasan pembelajaran praktek dengan menaati Prokes.

“Tentu harapan kami kedepan di Dies Natalis ini. Politeknik KP Bitung akan semakin maju dan berkembang dan diberkati oleh Tuhan yang maha Esa dengan harapan Pandemi Covid-19 dapat segera berlalu,” tandasnya.


Sementara itu Ketua Panitia Dies Natalis. Muh Zainal Arifin SP.i MS.i mengatakan bahwa memang untuk Dies Natalis saat ini, pihaknya melaksanakanya secara terbatas dan sederhana mengingat masa saat ini masih Pandemi Covid-19.(zet)

banner 300x250