Pemkot Tomohon Asah Ketrampilan Lulusan Kejuruan Pendidikan

Pelatihan bagi para lulusan berlatar pendidikan guna menyiapkan talenta digital dengan standar kompetensi
IMG-20210818-WA0009

Tomohon, Sulutreview.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Manado menggelar kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Vocational School Graduate Academy (VSGS) 2021, di Grand Master Resort Tomohon, Selasa (31/8/2021).

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon dr Juliana D Karwur MKes menjelaskan, kemampuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi di era sekarang ini, sangat dibutuhkan. Karena memberikan manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pekerjaan.  

“Pelatihan ini sangat penting untuk menyiapkan talenta digital yang memiliki standar kompetensi sesuai dengan SKKNI. 
Oleh karena itu kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kominfo melalui BPSDMP Kominfo yang melaksanakan kegiatan ini,” tukasnya.

Kegiatan dilaksanakan, dalam rangka peningkatan keahlian bagi para lulusan kejuruan dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan skema pelatihan yang dipilih dan diperuntukkan bagi yang belum mendapatkan pekerjaan tetap atau tidak sedang bekerja.

“Para peserta kiranya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga memperoleh manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BPSDMP Kominfo Manado Drs Darsa Jaya Hedar MAP menjelaskan VSGA merupakan program pelatihan pengembangan SDM yang ditujukan bagi angkatan kerja muda.

“Program ini bertujuan untuk menyiapkan talenta digital yang memiliki standar kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,” katanya.

Dijelaskannya pula, untuk peserta kegiatan saat ini yakni para lulusan SMK, D1, dan D3 berjumlah 75 peserta berasal dari Kota Tomohon dan sekitarnya.

Kegiatan rencananya dilaksanakan selama 3 hari. “Apresiasi kepada Pemkot Tomohon dan berbagai pihak lainnya yang senantiasa mensuport kegiatan ini,” imbuhnya.

Narasumber dalam pelatihan ini, Kepala Dinas Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE MM, Kadis Tenaga Kerja Kota Tomohon Sjerly Bororing SP MM SIP, Kepala Kantor Daerah Telkom Kabupaten Minahasa Djoni Tege ST, unsur BPSDMP Manado bersama unsur pengajar VSGA.(srv)

banner 300x250