Kabar Baik, Warga Sembuh Dari Covid-19 di Bitung Sudah Capai Ribuan Orang

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Upaya Pemkot Bitung dalam menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level IV nampaknya mulai membuahkan hasil yang baik dan maksimal.

Bacaan Lainnya

Pasalnya data per hari Selasa (27/07/2021) yang didapat, bahwa jumlah warga di Kota Bitung yang telah sembuh dari Covid-19 sudah mencapai 1.744 orang dari total yang positif sebelumnya mencapai 1.900 orang.

dr Pitter Lumingkewas

Kabar bahwa warga Bitung sudah banyak yang sembuh, dibenarkan oleh Plt Kadis Kesehatan Kota Bitung dr Pitter Lumingkewas bahwa menurutnya upaya Isolasi Mandiri (Isoman) dan di Isolasi di RS sudah menunjukan hasil maksimal kendati sampai saat ini masih juga ada warga yang aktif positif mencapai 108 orang.

Menurut Pitter bahwa pergerakan statistik angka warga yang sembuh, dikarenakan pada waktu lalu sekira pekan lalu. “Kan banyak yang positif dan ketika ditangani melalui Isolasi tentu saat ini. Syukur Puji Tuhan sudah banyak juga yang sembuh,” kata dr Pitter kepada wartawan Rabu (28/07/2021).

Pitter mengatakan bahwa saat ini, pasien yang positif kemudian diisolasi rata-rata telah sangat patuh mengikuti setiap anjuran dari tenaga medis agar minum obat, vitamin dan mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat, rata-rata hampir 90 persen lebih sudah sangat patuh. “Ini dibuktikan yang menjalani Isolasi baik itu di RS dan Isoman dirumah sudah banyak yang sembuh. Buktinya per Selasa kemarin sudah mencapai ribuan yang sembuh,” pungkasnya.

Ditanya historis ketika angka warga di Bitung banyak yang sembuh? menurut Pitter bahwa memang dalam penanganan Isolasi pihak Tenaga Kesehatan (Nakes) melihat kondisi tubuh pasien.

“Ini terbukti saat penanganan pasien positif hampir 100 persen belum mencapai 10 hari sudah selesai isolasi dan sembuh. Itu bagi yang tak bergejala, seperti Demam dan lainnya. Akan tetapi jika ada yang bergejala contohnya 9 hari masih bergejala akan ditambah 3 hari dan jika sembuh maka langsung Isoman di rumah dan rata-rata juga yang Isoman pasti akan segera sembuh,” pungkasnya.

Kendati demikian untuk saat ini, masih ada 108 orang yang aktif positif Covid yang sementara menjalani Isolasi baik itu di RS dan menjalani Isoman dirumah.

Diketahui dari data yang diterima per Selasa 27 Juli 2021, jumlah warga yang Positif secara total berjumlah 1.900. Sembuh 1744 dengan Presentasi 91.79 Persen. Meninggal 48 orang dengan Presentasi 2.53 Persen, Kasus Aktif 108 orang dengan presentasi 5.68 persen.(zet)

banner 300x250