Kompetensi dan SDM Jadi Prioritas Latsar CPNS Kota Tomohon

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan
IMG-20210818-WA0009

Tomohon, Sulutreview.com – Pemerintah Kota Tomohon secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III dan II Pemkot Tomohon Tahun 2021, Rabu (21/7/2021).

Akibat pandemi, Latsar CPNS dilaksanakan secara virtual dari Command Center Mall Pelayanan Publik Pemerintah Kota Tomohon.

Bacaan Lainnya

Latsar di Kota Tomohon, sesuai jadwal bakal digelar selama 51 hari kerja, yang diikuti oleh 21 peserta secara virtual dengan perincian 18 hari pembelajaran, 30 hari habituasi dan 3 hari evaluasi.

Walikota Tomohon melalui Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan mengatakan, CPNS harus mengikuti manajemen PNS sebagai syarat wajib sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014, yaitu menjalani masa prajabatan selama satu tahun yang di dalamnya diisi dengan kegiatan Latsar.

Ringkuangan meyebutkan, Pemerintah Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk dan Wawali Wenny Lumentut tetap konsisten dalam memperhatikan pengembangan SDM aparatur sipil negara.

“Bentuk Perhatian ini diberikan melalui kesempatan yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara Kota Tomohon untuk mengikuti pengembangan kompetensi teknis maupun manajerial, untuk meningkatkan kapasitas aparatur yang ditempatkan di setiap perangkat daerah,” katanya.

Diketahui, sebagai abdi negara, sebagai unsur utama adalah sumber daya manusia (SDM) yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Ini menjadi catatan penting, bahwa profil aparatur negara adalah mereka yang mampu memainkan peranan tersebut dengan mengedepankan kualitas dan kompetensi yang dapat diandalkan.

Diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Karena itu perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur Latsar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil.

Termasuk pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, tugas dan budaya organisasinya. Dengan demikian mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Diketahui, CPNS golongan III dan golongan II pada formasi Kota Tomohon tahun 2020 berjumlah 21 orang tenaga teknis. Dengan rincian, golongan III berjumlah 19 orang, dan golongan II berjumlah 2 orang.

Kegiatan ini dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Daerah Provinsi Sulawesi Utara Marhaen Royke Tumiwa.

Hadir secara langsung di Command Center, diantaranya Asisten Administrasi Umum Setda ODS Mandagi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Josias Makalew.(srv)

banner 300x250