Idul Adha, Pemkab Minahasa Serahkan 34 Hewan Kurban

Bupati Minahasa Royke Roring saat menyerahkan hewan kurban. (Foto : Humas Kominfo)
IMG-20210818-WA0009

Perayaan Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar keagamaan bagi umat Muslim.

Menyambut hari tersebut, sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan Pemerintah Kabupaten Minahasa menyalurkan sebanyak 34 ekor hewan kurban.

Bacaan Lainnya

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si. IPU. ASEANG ENG bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey, SSI di belakang halaman Kantor Bupati Minahasa, pada Senin(19/7/2021).

Selanjutnya, hewan kuban akan disalurkan untuk 34 mesjid yang ada di Kabupaten Minahasa. Antara lain, Mesjid Al-Falah Kyai Modjo dan Masjid Al-Haq Wawalouan.

Pada kesempatan itu, Roring menyampaikan bahwa 34 hewan kurban yang diserahkan di mesjid yang ada di Kabupaten Minahasa, akan dibagikan kepada umat Muslim, khususnya kaum dhuafa.

Secara terinci, dari total 34 hewan kurban, sebanyak 12 ekor sapi merupakan bantuan Gubernur Sulut  Olly Dondokambey. Berikut 14 ekor sapi dari Pemerintah Kabupaten Minahasa dan empat ekor dari Kajari Minahasa. Kemudian BNI dua ekor sapi, BRI dan BSG masing-masing satu ekor.

“Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, dengan kasus yang jumlahnya meningkat, maka perayaan Idul Adha dilakukan di halaman Kantor Bupati dengan kehadiran yang dibatasi. Beda dengan tahun lalu, saya bersama wakil bupati masih berkunjung ke sejumlah mesjid untuk menyerahkan hewan kurban,” ungkap Roring.

Terkait peningkatan kasus Covid-19, Roring menyebut bahwa pemerintah sudah berupaya maksimal dalam penanganan. Namun hal itu masih membutuhkan peran dan dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Kabupaten Minahasa.

“Kita semua sudah berusaha tetapi yang terpenting adalah dukungan semua pihak, agar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya sembari menambahkan agar tokoh agama juga bersama-sama mengingatkan umat yang ada untuk membatasi aktivitas yang tidak penting.

“Bantuan para imam untuk mengingatkan warga dan jemaah agar mengikuti protokol kesehatan, sangat kami apresiasi. Terlebih di tengah peningkatan kasus, di mana Kabupaten Minahasa masih terdapat 251 yang dirawat, baik di rumah maupun di rumah sakit,” tukasnya.

Di akhir sambutan, Roring menyampaikan usapan selamat Idul Adha kepada segenap umat Muslim.

“Pemkab Minahasa, saya dan wakil bupati bersama keluarga menyampaikan salam hormat kepada seluruh umat Muslim. Selamat merayakan Idul Adha. Kami juga berharap, pada saat Sholat Ied dibatasi kehadiran tidak akan mengurangi syukur dalam memperingati Idul Adha,” tambahnya.

Penyerahan hewan kurban turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Frits Muntu, S.Sos, Asisten I, Dr. Denny Mangala, Asisten II, Ir. Wenny Talumewo, Asisten III, Dr. Vicky Tanor, Kepala Badan Kesbang, Ir. Jani Moniung dan jajaran Pemkab Minahasa.

Hadir juga, Forum Komunikasi Pimpunan Daerah (Forkopimda) masing-masing Ketua DPRD Glady Kandouw, SE, Kajari Minahasa Rahcmad B. Toufani SH, MH, Dandim, Letkol. Andi Sinaga dan Kapolresta Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa. SIK.(engel/advertorial Kominfo Minahasa)

banner 300x250