Panen Jagung Manis, Stabilitas Pertanian Tomohon Terjaga

Walikota saat panen jagung manis
IMG-20210818-WA0009

Tomohon, Sulutreview.com – Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. melaksanakan panen jagung manis di perkebunan Rano Oki Kelurahan Uluindano, Kecamatan Tomohon Selatan Jumat (25/6/2021).

Kegiatan ini diprakarsai oleh Tiga Kelompok Tani (Poktan) yakni Poktan Cerdas Sejahtera Kelurahan Lansot, Poktan Sejahtera Kelurahan Tumatangtang Satu dan Poktan Kasih Sejahtera Kelurahan Tumatangtang.

Bacaan Lainnya

Caroll meyampaikan apresiasi atas pelaksanaan panen perdana ini, dengan harapan ketiga kelompok tani terus eksis menanam komoditi holtikultura seperti jagung ini supaya dapat menjaga stabilitas pertanian di Kota Tomohon,” katanya.

Senduk menguraikan Kota Tomohon memiliki topografi yang mendatar, bergelombang, berbukit dan bergunung, dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi.

“Kota Tomohon memiliki potensi pertanian yang bervariasi, seperti padi, jagung, kelapa, sayuran, tanaman hias dan tanaman lainnya,” terang Senduk.

Komoditas tanaman jagung sangat potensial. Ia lantas menyambut baik kegiatan panen perdana ini yang merupakan tolok ukur dan menjadi pendorong bagi pengurus dan anggota Kelompok Tani Cerdas Sejahtera, Kelompok Tani Sejahtera dan Kelompok Tani Kasih Sejahtera serta menjadi pemicu motivasi bagi kelompok tani lainnya, agar tetap meningkatkan semangat dalam melaksanakan kegiatan usaha pertanian tanaman jagung dalam rangka menjamin pemenuhan kebutuhan pangan demi memperkuat ekonomi masyarakat.

Mensikapi pertumbuhan jumlah penduduk sektor pertanian sebagai sumber penghasil dan penyedia utama pangan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan yang cukup besar dan terus berkembang dalam jumlah, keragaman dan mutunya.
“Mengingat besarnya peran tersebut, upaya mewujudkan stabilitas akan pemenuhan kebutuhan pangan bagi seluruh penduduk setiap saat di suatu wilayah menjadi sasaran utama dan memerlukan perhatian dan pemikiran yang dalam, serta upaya yang bersifat menyeluruh,” ucapnya.

Lanjutnya, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia untuk kesejahteraan hidup.
“Hal ini sejalan dengan visi walikota dan wakil walikota tomohon yaitu tomohon maju berdaya saing dan sejahtera, yang diperkuat dengan misi ke-4 yakni memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan,” tegasnya.

Kegiatan usaha pertanian yang dikelola kelompok tani, imbuhnya, merupakan salah satu upaya bersama pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pertanian dan Perikanan dalam meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan hidup para petani dan masyarakat umumnya.

“Selaku Walikota Tomohon, saya merasa bangga dapat hadir di tempat ini untuk menyaksikan salah satu keberhasilan kelompok tani dalam bentuk panen perdana komoditi hortikultura jagung manis. Saya terus berharap agar keberhasilan kegiatan kelompok tani ini akan terus berlanjut demi peningkatan kesejahteraan keluarga masing-masing pengurus dan anggota kelompok sebagai bagian dari masyarakat kota tomohon.

Hadir Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene, DEA., Anggota DPRD Noldy Lengkong, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt. Senduk Roeroe, M.Th., Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP., Camat Tomohon Selatan Stenly Mokorimban SH, Lurah Lansot Henny Bororing, Lurah Tumatangtang Alex Telah, Lurah Tumatangtang Satu, Fransisca Poluakan, Para Pengurus dan anggota kelompok tani.(srv)

banner 300x250