Bantuan Keuangan Parpol, Pemprov Sulut Siap Tindaklanjuti Catatan BPK

Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw saat Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) Tahun Anggaran 2020 di Kantor Perwakilan BPK RI Sulut, Senin (21/6/2021).
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) Tahun Anggaran 2020 di Kantor Perwakilan BPK RI Sulut, Senin (21/6/2021).

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw, pada kesempatan itu menyampaikan komitmen bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut telah siap melakukan tindaklanjut atas catatan BPK.

Bacaan Lainnya

“Pemprov Sulut sangat menyadari bahwa dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya mengenai administrasi bantuan keuangan partai politik masih belum sempurna, sehingga diharapkan BPK RI Perwakilan Sulut sebagai eksternal kontrol dapat menjaga dan meningkatkan akuntabilitas pengelolaanya,” ungkapnya.

Seiiring dengan hasil pemeriksaan yang telah disampaikan, sambungnya, terdapat berbagai rekomendasi. “Hal ini pasti menjadi fokus perhatian untuk kemudian ditindaklanjuti sebagaimana ketentuan yang ada,” tambahnya.

Wagub berharap jalinan koordinasi dan sinergitas yang terbangun akan terus terjaga sehingga dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan Sulut.

“Orang yang setia dengan hal-hal kecil pasti akan setia dengan hal-hal besar karena penggunaan dana harus paralel dengan peruntukan dan pertanggungjawaban yang jelas,” tandasnya.

Pada kegiatan yang turut dihadiri sejumlah kepala daerah serta perwakilan partai politik itu, Wagub Kandouw mengapresiasi kegiatan dengan menerapkan Protokol Covid.

“Salut kepada penyelenggara, bagaimana kegiatan ini menggunakan protokol Covid-19 dengan baik,” katanya.

Terkait dengan dana Covid-19, Wagub Kandouw menyampaikan bahwa Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengingat-ingatkan tentang penggunaan dana Covid-19 ini, refocusing anggaran menjadi catatan, dan harus paralel dengan perwujudan dan pertanggungjawaban yang harus kita awasi.

Wagub Kandouw juga mengajak untuk kita bersama-sama berikhtiar, disiplin dan berdoa agar daerah kita menjadi daerah yang statusnya hijau. Di mana semangat untuk akuntabilitas itu harus berjalan bersama-sama.

“Melalui pertemuan hari ini, Saya mendorong kita sekalian untuk dapat meningkatkan pengawasan dalam konteks kondusif dalam pengelolaan keuangannya,” katanya.(srv)

banner 300x250