Gubernur Olly Soft Opening RS Mata Berfasilitas Modern

0
223
Gubernur Olly Dondokambey saat melakukan soft launching Rumah Sakit Mata

Manado, Sulutreview.com – Rumah Sakit (RS) Mata Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berfasilitas modern siap berikan layanan paripurna dengan peralatan yang serba modern.

RS Mata yang menjadi kebanggaan masyarakat Sulut ini dilakukan soft launching oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada Kamis (3/6/2021).

“Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Sulut dalam pelayanan kebutuhan penyakit mata dapat dilakukan di sini,” kata Gubernur Olly.

Olly berharap RS Mata dapat dirampungkan pada Desember 2021 mendatang. “Makanya belum ada prasasti peresmian. Saya harapkan 6 bulan ke depan selesai semua sehingga pada Desember atau HUT Provinsi Sulut sudah selesai dan dapat diresmikan,” ungkap Gubernur Olly.

Diketahui, pembangunan fasilitas kesehatan di Sulut ini, memdapat kucuran dana sebesar Rp100 Miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Namun demikian Pemprov Sulut akan menambahkan Rp15 Miliar untuk fasilitas peralatan RS Mata.

“Pemprov akan memberikan tambahan dana dari DAK sebesar Rp15 Miliar untuk fasilitas peralatan,” ujarnya.

Rumah Sakit Mata yang terletak di Jl. W.Z. Yohanes No. 1 Wanea Manado, akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana terbaik, bahkan dokter dengan kemampuan sumber daya manusia yang profesional.

“Dokter-dokter spesialis mata profesional akan menangani pasiennya agar supaya pelayanan terhadap masyarakat lebih baik. Kualitas SDM kesehatannya yang unggul serta mampu melayani dengan sepenuhnya tanpa pilih kasih,” ungkap Olly.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan pengguntingan pita tandai soft launching

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Debby Kalalo mengatakan bangunan rumah sakit khusus mata memiliki luasan kurang lebih 12.040 meter persegi. Terdiri dari dua lantai basement dan 4 lantai gedung utama. Pembangunan gedung utama berfungsi sebagai ruang rawat inap, ICU, ruang bedah (OK), Ruang Pre operasi, ruang post operasi ruang OK Lasik, poliklinik dan ruang tunggu dengan luas total 11.736 M2.

Untuk jenis perawatan terdiri dari ruang rawat inap 30 tempat tidur, ICU dengan dua tempat tidur, ruang bedah 5 unit, ruang Pre Operasi 4 tempat tidur, 6 kursi, ruang post operasi 7 tempat tidur, 7 kursi, ruang Lasik 2 unit, ruang poliklinik 11 klinik.

“Fasilitas layanan yang diberikan merupakan yang terbaik,” sebut Kalalo.

Senada disampaikan Kepala RS Mata Sulut, Vonnie Dumingan, bahwa jenis unggulan pelayanan di rumah sakit, meliputi pemeriksa pengunjung diagnostik penyakit dengan kelainan retina, pemeriksaan penunjang diagnostik penyakit dengan kelainan mata pada anak, pemeriksaan pengunjungan diagnostik penyakit glaukoma dan pemeriksaan penunjang diet penyakit infeksi pada mata.

“Sebelumnya fasilitas ini hanya untuk tujuh layanan, tetapi sekarang ditingkatkan menjadi 11,” katanya.(eda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here