Musrenbang 2022, Kabupaten Minahasa Mantapkan Perekonomian Rakyat

Wabup Robby Dondokambey berharap tahun 2022 mendatang, Kabupaten Minahasa tumbuh signifikan dalam pembangunan dan rakyatnya makin sejahtera
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey, SSi menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 Provinsi Sulawesi Utara di Hotel Sintesa Peninsula, Rabu (21/4/2021).

Selain membahas rancangan RKPD tahun 2022, juga untuk menyepakati permasalahan pembangunan, prioritas pembangunan dan arah arah kebijakan pembangunan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

Bacaan Lainnya

“Provinsi Sulut fokus pada pembangunan daerah. Yakni reformasi sosial, ketahanan pangan dan peningkatan infrastruktur sebagai landasan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dengan tujuh prioritas pembangunan,” kata Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey dalam sambutannya.

Wabup Robby Dondokambey menyimak pembahasan RKPD

RKPD 2022, sambung Olly, adalah bagian dari pencapaian Visi Misi Besar RPJMD 2021-2026 menuju “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”, dengan 5 Misi Pembangunan yang mencakup peningkatan kualitas manusia Sulut, penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa, pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas, pembangunan daerah yang berkelanjutan lingkungan dan pemerintahan yang baik dan bersih, didukung oleh sinergitas antar daerah.

Wabup Robby Dondokambey optimistis Minahasa makin maju dan sejahtera rakyatnya

Selanjutnya secara Virtual, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa turut membawakan sambutan dan arahan sekaligus membuka kegiatan Musrenbang ini.

Wakil Bupati (wabup) Minahasa Robby Dondokambey, menjadi wakil Pemkab Minahasa dalam menyampaikan sejumlah poin yang dihasilkan dari pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten Minahasa.

Suasana jalannya pembahasan Musrenbang

“Rencana pembangunan di Kabupaten Minahasa yang dihasilkan dari Musrenbang tingkat kabupaten akan disinkronkan dengan rencana pembangunan Pemerintah Provinsi, artinya sinergitas itu sangat perlu dalam rangka menuju Kabupaten Minahasa yang lebih hebat,” ungkap Wabup Robby.

Robby juga berharap Kabupaten Minahasa akan mengalami peningkatan pembangunan. Baik dari segi infrastruktur maupun ekonomi, yang sasarannya adalah kesejahteraan masyarakat.

“Melalui Musrenbang ini, kita targetkan sejumlah rencana pembangunan di tahun 2022 mendatang. Harapannya Kabupaten Minahasa akan semakin maju dan rakyatnya sejahtera,” tukasnya.

Wabup Robby Dondokambey bersama Wagub Sulut Steven Kandouw dan sejumlah kepala daerah

Diketahui, pada tahun 2022 mendatang, Pemkab Minahasa fokus pada pemantapan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.

Hal ini tertuang dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2022, yang mengusung tema “Pemantapan Ekonomi Masyarakat Melalui Peningkatan Kontribusi Sektor Pertanian, Perikanan dan Pariwisata Untuk Mendukung Pemerataan Pembangunan Wilayah”.

Dalam musrenbang nampak hadir secara virtual Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa yang didaulat membuka Musrenbang RKPD 2022 Provinsi Sulut, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro dan Plt. Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia, Leonard Tampubolon.

Kebersamaan di sela-sela pembahasan Musrenbang

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan juga penyerahan penghargaan perencanaan pembangunan (PPD) Daerah kabupaten/kota se- Sulut oleh Gubernur Olly Dondokambey dan penandatanganan Berita Acara Musrenbang RKPD tahun 2020 oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O. E Kandouw.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut, Edwin Silangen SE MS dan para bupati/walikota se-Sulut.(advertorial diskominfo/esm)

banner 300x250