Ibu Rita Nahkodai BKOW Sulut, Gubernur Titip Program Stunting

0
193
Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan dipercaya menahkodai BKOW Provinsi Sulut periode 2021-2024

Manado, Sulutreview.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey resmi melantik struktur kepengurusan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Sulut Periode tahun 2021- 2024, di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (21/4/2021).

BKOW yang diperkuat oleh berbagai organisasi wanita di Bumi Nyiur Melambai ini memercayakan Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan sebagai ketua umum.

Kepada Ibu Rita (sapaan akrab Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan-red) dan jajaran pengurus BKOW, Gubernur Olly menitip sejumlah pesan penting. Salah satunya adalah stunting, yakni permasalahan kesehatan tumbuh kembang anak, dengan kondisi tinggi badan yang lebih pendek dari anak seusianya.

Stunting di Sulut masih menjadi catatan nasional. Untuk itu, pemerintah menitipkan program ini, kepada BKOW agar melakukan upaya untuk menjaga generasi ke depan. BKOW kiranya dapat berperan menjaga angka stunting, mulai dari saat mengandung hingga melahirkan,” ungkap Dondokambey.

Gubernur Olly saat melantik jajaran pengurus BKOW

Gubernur Olly menyampaikan bahwa organisasi wanita, khususnya BKOW diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam menyukseskan program bagi kemajuan masyarakat Sulut.

“BKOW sebagai organisasi wanita agar lebih bijak dalam berkomunikasi sampai ke masyarakat paling bawah. Saya percaya ini sangat efektif karena wanita lebih lancar dalam komunikasi sehingga dampak dari BKOW ini akan semakin nyata dalam pembangunan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Olly berharap para pengurus BKOW dapat bekerja dan berdampak bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sulut.

“Atas nama Pemprov Sulut, saya memberikan apresiasi kepada pengurus BKOW. Karena sebagai organisasi nirlaba yang tanpa digaji, tetapi memberikan manfaat yang besar bagi ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat yang ada di Sulut,” sebut Olly.

Pengurus inti BKOW bersama Gubernur Olly, Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen

Menariknya, Olly berjanji akan melakukan renovasi pembangunan kantor BKOW Sulut. Tujuannya, agar kinerja BKOW semakin maju.

“Pemerintah akan support dengan membangun gedung BKOW yang lebih representatif supaya memudahkan koordinasi,” ucap Olly sembari menambahkan BKOW akan memberi warna bagi Sulut.

“Tugas berat untuk BKOW, karena harus mengonsolidasikan seluruh organisasi yang ada dengan berbagai perbedaaan. Namun dengan pengurus yang baru semua akan berjalan baik,” tegasnya.

“Kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sulut yang sudah melaksanakan kegiatan ini sehingga berjalan baik, saya ucapkan terima kasih,” kata Gubernur Olly.

Selanjutnya, Ibu Rita saat menyampaikan sambutannya mengatakan agar pengurus baru yang sudah dilantik dapat bekerja bersama sebagaimana pesan yang disampaikan gubernur.

“Apa yang menjadi petunjuk Pak Gubernur agar bisa diterima dan dilaksanakan untuk memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Antara lain dengan membentuk rencana program tentang kegiatan apa yang akan kita kerjakan,” ungkap Ibu Rita.

Ibu Rita menyampaikan bahwa program akan dilaksanakan per bidang. “Kita bekerja bersinergi dengan pemerintah, apa yang mesti kita laksanakan masing-masing sesuai bidang kerja,” ujar Ibu Rita.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sulut, Ir Meike Pangkong menambahkan pelantikan pengurus BKOW yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, akan menjadi semangat dan motivasi.

“Pengurus yang dilantik kiranya semakin
menjiwai setiap wanita di Indonesia termasuk di Sulut. Ini menjadi momentum untuk melangkah dan melakukan terobosan. Apalagi dengan organisasi yang diketuai oleh Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, kiranya ini menjadi motivasi untuk organisasi yang tergabung lebih memberikan kontribusi dalam pembangunan,” tukasnya.

“Untuk masalah stunting, BKOW juga harus menyikapinya. Karena sebagai organisasi wanita, menjadi bagian penting bagi pertumbuhan anak,” imbuhnya.

Diketahui, BKOW disupport oleh ratusan organisasi wanita yang masih eksis di Sulut, seperti KIAD, Persit, Advent, Pantekosta dan pengusaha wanita Sulut.

Turut hadir dalam pelantikan, Wagub Sukut Steven Kandouw dan Sekdaprov Edwin Silangen bersama jajaran eselon II.(eda)

Komposisi dan Personalia Dewan Pengurus BKOW Provinsi Sulut Periode 2021-2024 :

1. Ketua Umum : Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan
2. Ketua I : dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS
3. Ketua II : dra Ny Ivonne B Silangen-Lombok
4. Ketua III : dr Jeanete Rondonuwu Siby
5. Ketua IV : Rahmawati Bidulang
6. Sekretaris Umum : Ir Mareyke Moningka MS
7. Sekretaris I : Ir Emmy Lumintang-Senewe MSi
8. Sekretaris II : Ria Kepel Soputan
9. Bendahara Umum : dr Rinny Silangen Tamuntuan
10. Bendahara I : Ester Pepah Mamangkey SE
11. Bendahara II : Femmy Tamengkel Tambayong

Bidang-bidang :
I. Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi
Koordinator :
1. Henny Sutjipto
2. Selvie Pungus
3. Ir Mieke Pangkong MSi
4. C Batasina Rattu

II. Bidang Iptek dan Seni Budaya
1. Koordinator :dr Ruth Umbase
Anggota :
1. Ir Noviati MURP
2. Mieke Sege
3. Verawaty Mokoagouw
4. Ny Renny Satrio Utomo

III. Bidang Ekonomi Kesejahteraan Keluarga
Koordinator : Ir Gretty Sumayku MSi
Anggota :
1. Maria Dondokambey
2. Dra Youke Besauw Rumpesak
3. Kini Pedot Sumesey
4. Meity Rampengan

IV. Bidang Komunikasi, Informasi, Edukasi dan Advikasi
Koordinator : dr Herlina Damongilala Siwu
Anggota :
1. Novi Frans Lumingkewas
2. Sive Korengkeng Warouw
3. Elisabeth Pungus
4. Pdt Mieke Ukus

V. Bidang Sekretariat :
Koordinator : Vonny M Pangalila SSos
Anggota :
1. Altje Goni Tumbelaka
2. Jefri J Poli SH
3. Sherly Dapamanis

Sumber : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sulut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here