Rapat Paripurna Buka Tutup Masa Sidang DPRD Sulut, Sampaikan Hasil Reses Pertama 2021

Rapat paripurna dalam rangka Penutupan Masa Persidangan I Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD Sulut sekaligus pembukaan masa sidang II dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Kegiatan Reses I tahun 2021
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar rapat Paripurna dalam rangka Penutupan Masa Persidangan I Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD Sulut sekaligus pembukaan masa sidang II dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Kegiatan Reses I tahun 2021, Senin (19/4/2021)

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulut dr, Fransiscus A. Silangen, Wakil Ketua Billy Lombok , dan Wakil Ketua Victor Mailangkay serta di hadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven OE Kandouw.

Ketua DPRD dr Andi Silangen memimpin rapat paripurna

Ketua DPRD Provinsi Sulut, dr. Fransiscus Silangen yang memimpin jalannya rapat paripurna mengapresiasi kinerja yang optimal dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandow dalam mengelola pemerintahan yang walaupun dalam suasana pandemi Covid-19 tetap memperlihatkan kinerja yang optimal  khususnya dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Terpantau dalam paripurna tersebut  laporan kinerja Alat Kelengkapan Dewan (AKD) diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Sulut Billy Lombok.

Suasana sidang paripurna

Sementara, laporan kinerja setiap komisi yakni Komisi I diserahkan Mohammad Wongso, Komisi II dibacakan oleh Cindy Wurangian dan diserahkan oleh Sjenny Kalangi, Komisi III diserahkan oleh Stella Runtuwene dan Komisi IV diserahkan oleh Careig M. Runtu.

Sedangkan laporan Badan pembentukan perda (Bapemperda) diserahkan oleh Wakil Ketua Bapemperda, Melky Jakhin Pangemanan dan Badan Kehormatan (BK) diserahkan oleh Ketua BK Sandra Rondonuwu.

Selanjutnya, Ketua DPRD Sulut mengapresiasi seluruh AKD yang telah melaksanakan tanggung jawab dan bekerja dengan baik. Dia berharap anggota DPRD Sulut terus menorehkan hal yang baik untuk untuk kepentingan warga masyarakat Sulut.

Usai penyerahan laporan AKD, dilanjutkan dengan penyampaian laporan hasil reses dari masing-masing daerah pemilihan. Penyampaian pertama dari Dapil 1 Kota Manado di bacakan oleh anggota DPRD Sulut Cristo Lumentut, Dapil 2 Minut dan Bitung disampaikan oleh anggota DPRD Sulut Berty Kapojos, Dapil 3 Nusa utara dibacakan oleh anggota DPRD Sulut Toni Supit, Dapil 4 Bolmong Raya disampaikan anggota DPRD Sulut anggota DPRD Sulut Yusra Alhabsi, Dapil 5 Minsel Mitra dibacakan oleh Stella Runtuwene dan terakhir Dapil 6 Minahasa Tomohon dibacakan anggota DPRD Sulut Melisa Gerungan.

Setelah mendengarkan hasil reses, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Sulut yang tetap konsisten dalam menjalankan tugas dan pekerjaan sebagai wakil rakyat dan memajukan Sulut menjadi lebih baik.

”Saya menyampaikan terimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Sulut atas upayanya dalam memaksimalkan tugas dan tanggung jawab selama ini,” ucap Dondokambey.

Olly Dondokambey juga mengapresiasi kinerja seluruh legislator baik para pimpinan dan segenap anggota DPRD Sulut dalam mengawal pencapaian visi dan misi pembangunan daerah di Sulut.

Gubernur Olly Dondokambey saat menyampaikan sambutan

“Mampu menjalin koordinasi dan sinergitas yang positif dengan segenap komponen pembangunan di daerah ini utamanya Pemerintah Provinsi,” ujarnya.

Gubernur Olly Dondokambey juga menyampaikan Visi Pembangunan Daerah Provinsi Sulut tahun 2021-2026.

Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik, dengan 5 (lima) misi, yakni:

1. Peningkatan kualitas manusia Sulawesi Utara;
2. Penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa;
3. Pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas;
4. Pembangunan daerah yang berkelanjutan;
5. Pemerintahan yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah.

Suasana rapat paripurna

Untuk itu, Olly mengharapkan agar hasil kegiatan di tahun 2021 dapat menjadi bahan bagi DPRD bersama dengan Pemprov Sulut untuk menyusun langkah strategis, rencana kerja dan rencana kebijakan ke depan.

Terkait penanganan pandemi Covid-19 di Sulut, Olly menjelaskan bahwa dalam satu bulan terakhir ini laporan dari Dinas Kesehatan menunjukan penurunan.

“Artinya lebih banyak yang sembuh dari pada yang terpapar,” ungkap Olly.

Lebih jauh, orang nomor satu di Sulut ini pun optimis lewat komitmen, semangat, dan kerja keras bersama dari semua pihak, secara bertahap seluruh kebutuhan dan keinginan masyarakat Sulut dapat terwujudkan bersama.(advertorial DPRD/lina)

banner 300x250