Tahap Finishing, RSUD Sulut dan RS Mata Segera Diresmikan

RSUD Ratumbuysang

Manado, Sulutreview.com – Pembangunan dua rumah sakit representatif di Sulawesi Utara (Sulut) dalam waktu dekat ini, segera diresmikan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey meninjau langsung pekerjaan pembangunan rumah sakit yang sudah berada di tahap finishing, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulut dan Rumah Sakit Mata di Kota Manado, Senin (1/3/2021).

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menyatakan optimis pembangunan kedua rumah sakit tersebut dapat selesai pada April 2021.

“Targetnya Maret, April kalau bisa sudah selesai. Sudah selesai artinya sudah bisa dioperasionalkan,” kata Olly setelah melakukan peninjauan.

Olly menjelaskan bahwa Pemprov Sulut dan pihak kontraktor akan melakukan penandatanganan berita acara surat terima sehingga kelengkapan peralatan-peralatan medis, tempat tidur dan sarana prasarana lainnya dapat dilakukan.

“Maret ini kita akan tanda tangan berita acara serah terima dari kontraktor sama pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu terkait kesiapan operasional rumah sakit sementara dilakukan tes komisioning yang menyangkut pekerjaan STP, AC, listrik dan sebagainya.

“Kalau dia sudah memenuhi syarat artinya pekerjaannya sudah mencapai seratus persen,” ucapnya.

Rumah Sakit Mata

Lebih jauh, Olly menekankan bahwa RSUD Sulut dan RS Mata akan diresmikan jika benar-benar sudah bisa dioperasionalkan untuk melayani masyarakat Sulut.

“Supaya kalau kita sudah resmikan jangan cuman sekadar bangunannya selesai, resmikan itu sudah bisa dioperasionalkan,” kuncinya.

Peninjauan RS turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Gammy Kawatu dan Kadis Kesehatan Debby Kalalo.

Diketahui, pembangunan fasilitas kesehatan di Sulut ini, memdapat kucuran dana sebesar Rp400 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Dana itu, bersumber dari pinjaman yang diplot untuk membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratumbuysang dan Rumah Sakit Mata, yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan.

Dana Rp 400 miliar tak hanya untuk membangun RSUD Ratumbuysang, tapi juga menambah fasilitas RS Mata.

Sementara untuk Rumah Sakit Jiwa dipindah ke Kalasey, di mana pemerintah sudah siapkan lahan dan anggaran untuk pembangunan.

Gubernur berkomitmen membangun RSUD Sulut sekelas hotel bintang 5 dengan fasilitas 400 tempat tidur. RS itu akan menjadi rujukan regional.

“Memang standar bintang 5 tetapi yang dapat layanan semua masyarakat, supaya masyakarat menyadari pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat,” ujar Olly

“Kita bangun supaya masyarakat menyadari kesehatan itu penting untuk kehidupan berkelanjutan,” kata dia.

Selanjutnya, rumah sakit mata, yang akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana terbaik, bahkan dokter dengan kemampuan profesional.

Pembangunan rumah sakit mata yang terletak di Jl. W.Z. Yohanes No. 1 Wanea Manado, dalam waktu dekat akan dirampungkan.

Sarana prasarana kesehatan yang dipacu ini, kata Olly menjadi target dari pemerintahan OD-SK pada tahap menjalankan pemerintahan. “Visi misi kami, salah satunya adalah menyediakan kesehatan bagi masyarakat,” kata Olly.

Lebih lanjut, Gubernur Olly mengimbau Direktur Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sulut dapat mengoptimalkan seluruh sumber daya manusia di rumah sakit.

“Dokter-dokter spesialis mata lebih profesional menangani pasiennya agar supaya pelayanan terhadap masyarakat lebih baik. Kualitas SDM kesehatannya yang unggul serta mampu melayani dengan sepenuhnya tanpa pilih kasih,” imbuh Olly.

Diketahui, bangunan rumah sakit khusus mata memiliki luasan kurang lebih 12.040 meter persegi. Terdiri dari dua lantai basement dan 4 lantai gedung utama. Pembangunan gedung utama berfungsi sebagai ruang rawat inap, ICU, ruang bedah (OK), Ruang Pre operasi, ruang post operasi ruang OK Lasik, poliklinik dan ruang tunggu dengan luas total 11.736 M2.

Untuk jenis perawatan terdiri dari: Ruang rawat inap 30 tempat tidur; ICU: dua tempat tidur; Ruang bedah Ok 5 unit; Ruang Pre Operasi: 4 tempat tidur, 6 kursi, Ruang post operasi:7 tempat tidur 7 kursi; Ruang Ok Lasik: 2 unit; Ruang poliklinik: 11 klinik

Jenis unggulan pelayanan di rumah sakit khusus mata Provinsi Sulut, pemeriksa pengunjung diagnostik penyakit dengan kelainan retina, pemeriksaan penunjang diagnostik penyakit dengan kelainan mata pada anak, pemeriksaan pengunjungan diagnostik penyakit glaukoma dan pemeriksaan penunjang diet penyakit infeksi pada mata.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.