Wacanakan Pelatihan bagi Para Tukang, Dinas PUPR Mitra Data Tenaga Kerja Bidang Konstruksi

0
147
Dinas PUPR Mitra saat menggelar sosialisasi di Kecamatan Ratahan Timur

Mitra, SULUTREVIEW – Dalam rangka mendukung pembangunan di daerah, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra).

Seperti di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mitra, guna menghadirkan tenaga kerja di bidang konstruksi yang kompeten, Dinas PUPR mulai melakukan sosialisasi dan mendata tenaga kerja bidang konstruksi atau tukang bangunan, di Kecamatan Ratahan Timur, Rabu (25/11/2020).

“Saat ini kami mulai berkoordinasi dengan pemerintah desa, guna mendata tenaga kerja di bidang konstruksi yang ada di wilayah Kecamatan Ratahan Timur,” ungkap Kepala Dinas PUPR Mitra, Rommy Ole, melalui Kepala Bidang Bina Kontruksi Voni Walalangi.

Dirinya mengatakan bahwa jika data sudah lengkap, akan ditindaklanjuti dengan pengadaan pelatihan bagi para pekerja konstruksi tersebut.

Sebab menurutnya, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan ke depan, tenaga kerja bidang konstruksi yang berkompeten akan sangat dibutuhkan, bahkan mulai menjadi syarat.

“Jika data sudah ada, ke depan kami akan fasilitasi agar mereka mendapatkan pelatihan sehingga semakin banyak tenaga kerja di bidang konstruksi atau para tukang bangunan yang berkompeten,” jelas Voni Walalangi.

Bahkan menurutnya, dalam pelatihan nanti para pekerja konstruksi atau tukang bangunan akan disertai dengan sertifikat, tanda telah mengikuti pelatihan dan berkompeten.

“Kami akan fasilitasi ke Balai Jasa Konstruksi agar mereka dilatih. Nantinya mereka akan mendapat sertifikat dari asosiasi di bawah naungan balai,” tutupnya.

Oleh karena itu, dirinya sangat mengharapkan kerja sama pemerintah desa dan kelurahan dalam pendataan para tenaga kerja konstruksi di wilayah masing-masing. (*/Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here